Haflah Akhirussanah Virtual: Sebuah Kesyukuran Dalam Keterbatasan

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Melalui proses pembelajaran mulai dari bangku kelas 1 hingga kelas 6 tentu membutuhkan tak sedikit perjuangan. Dalam proses pendidikan dasar, orang tua dan guru memiliki peran yang cukup signifikan.

Setelah sampai pada penghujung tingkat akhir, semua berharap kelulusan dan perpisahan dapat dirayakan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana setiap akhir tahun ajaran setiap sekolah melaksanakan ceremony wisuda atau perpisahan pada murid di tingkat akhir jenjang pendidikan. Karena wabah yang masih melanda negeri tercinta, ceremony yang biasanya dilakukan di tempat terbuka itu tentu tak dapat dilakukan.

Ternyata yang terpenting bukan bermegah-megahan dalam merayakan suatu pencapaian. Tapi kesyukuran atas apa yang diraih adalah hal yang harus ditanamkan dalam hati setiap insan. Untuk apa dirayakan besar-besaran tetapi nihil kesyukuran. Pada Sabtu, 20 Juni 2020 bertepatan dengan 28 Syawal 1441 H, SD Integral Hidayatullah Depok mengadakan Haflah Akhirussanah (perpisahan akhir tahun ajaran) Virtual sebagai bentuk kesyukuran atas kelulusan murid kelas 6 angkatan ke-13.

Meski dilakukan secara virtual, namun tak menyurutkan semangat murid-murid dalam mengikuti acara tersebut. Acara ini dihadiri lebih dari 70 audience yang terdiri dari peserta Haflah Akhirussanah beserta orang tuanya, guru, dan tamu undangan.

“Jagalah semangat belajar. Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua, dan jangan kecewakan mereka. Selalu menjaga nama baik sekolah di manapun berada. Semoga kalian bisa menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa, negara dan agama,” pesan Ust. Abdurrahman Hakim S.Pd.I selaku kepala sekolah SD Integral Hidayatullah Depok kepada murid-murid yang baru saja lulus pada tahun ini.

“Proses pendidikan yang telah dijalankan oleh ananda di sekolah ini merupakan salah satu sarana atau wasilah untuk menjadi anak yang sholih dan sholihah, sebagaimana yang diharapkan orang tua dan kita semua. Guru-guru yang ada di sekolah hanyalah perantara untuk murid dalam menggapai cita-cita. Tanggung jawab utama dalam pendidikan anak tetap dipegang oleh orang tua,” tutur Ust. Lalu Mabrul M.Pd.I (Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok) yang turut memberikan sambutan dalam acara Haflah Akhirussanah.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, generasi yang lulus pada tahun 2020 ini adalah generasi istimewa. Sebab mereka tak butuh perayaan kelulusan yang hura-hura. Semoga generasi ini mampu menorehkan karya istimewa dan berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan agama. *Arsyis

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.