Albayan Islamic School Gelar Webinar Tingkatkan Wawasan Kepengasuhan Bagi Orangtua

MAKASSAR (Hidayatullah.or.id) – Albayan Islamic School Hidayatullah Makassar menggelar webinar parenting “Mendidik dengan Karakter” menghadirkan pakar parenting nasional Teh Ida S. Widayanti MPdI, Sabtu (6/3/2021).

Sebanyak 105 peserta dari para orangtua dan wali siswa mengikuti pemaparan dari narasumber yang dikenal sebagai kolomnis di Majalah Hidayatullah dan penulis buku seri Catatan Parenting itu.

Saat membuka kegiatan, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah kampus utama Makassar, Ust Suwito Fattah mengatakan, webinar parenting sebagai salah satu kegiatan rutin untuk memberikan wawasan kepada orangtua siswa sekaligus ajang silaturahmi.

“Selain tentunya untuk semakin mengukuhkan komitmen Albayan Islamic School melahirkan generasi Qurani yang unggul berkarakter. Sebab pendidikan bukan saja di sekolah namun yang lebih utama di rumahnya, maka wawasan orangtua siswa pun perlu konsisten ditingkatkan,” urainya dalam keterangannya diterima media ini, Senin (8/3/2021).

Apalagi urainya, anak merupakan basis individu mendasar bagi sebuah peradaban manusia. Membangun anak berkarakter menjadi sebuah syarat bagi terbentuknya peradaban tersebut.

“Untuk menjadikan anak berkarakter sangat diperlukan pendidik dan orabgtua yang berkarakter,” tuturnya.

Ustazah Ida menguraikan dalam webinar tersebut salah satu tema dalam seri buku Catatan Parenting “Mendidik Karakter dengan Karakter”.

Menurutnya, salah satu yang menentukan agar anak memiliki karakter adalah faktor orang tua yang membentuk karakter anak-anaknya.

Ida juga menyampaikan soal komunikasi dalam keluarga. Pentingnya komunikasi akan membentuk keluarga yang bahagia, terutama membentuk karakter anak seperti yang diinginkan.

“Keluarga menjadi contoh yang paling utama dalam membentuk karakter anak,” tegasnya. (ybh/hio)