Pemuda Hidayatullah Palopo Gelar Webinar Refleksi HUT RI

PALOPO (Hidayatullah.or.id) — Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Kota Palopo menggelar webinar memperingati Dirgahayu Republik Indonesia atau HUT RI ke-76 tahun dengan mengusung tema “76 Tahun Kemerdekaan: Islam dalam Pergulatan Sejarah Peradaban Bangsa Indonesia, yang digelar seacara daring melalui platform Zoom Video Meeting disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Nasionalnews – NNTV, Sabtu malam, 12 Muharam 1443 (21/8/2021).

Saifullah Ahmad selaku ketua PD Pemuda Hidayatullah Palopo pelaksana webinar ini mengatakan kegiatan ini bermaksud untuk kembali merefleksikan peran Islam dalam proses perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Saifullah mengatakan, tujuan pengambilan tema yang diangkat dalam acara ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai sejarah dan posisi Islam dalam perjalanan bangsa.

“Seperti yang dikemukakan oleh Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Hari ini banyak dari masyarakat kita terutama golongan muda yang sudah tidak memahami dan mengerti bagaimana akar kesejarahan Islam dalam dinamika kebangsaan kita,” kata Saifullah.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya merasa perlu adanya inisiatif untuk kembali merefleksikan bagaimana peradaban Islam itu tumbuh dalam catatan historis perjalanan bangsa ini berdiri.

Saifullah juga menambahkan bahwa digelarnya acara webinar ini juga sebagai upaya memperkenalkan eksistensi Pemuda Hidayatullah Palopo dan diharapkan melalui kegiatan berseri ini menjadi media pengenalan kepada masyarakat umum sebagai penegasan kedudukan Pemuda Hidayatullah di kota Palopo.

“Besar harapan kami agar semua peserta dapat mendapatkan manfaat dari webinar ini dan mudah-mudahan kedepannya kita bisa kembali melaksanakan diskusi-diskusi yang serupa namun dengan tema yang berbeda tentunya,” ucap Saifullah.

Saifullah berharap agar kedepan Pemuda Hidayatullah Palopo bisa berkontribusi lebih terhadap perjuangan dakwah dan kemajuan bangsa dalam mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya.

“Tidak hanya terfokus pada wacana internal namun mulai melakukan ekspansi dengan wacana-wacana eksternal demi terbentuknya kader intelektual muslim sebagai pemegang estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang,” pungkas Saifullah.

Peserta dalam acara ini tidak hanya diikuti oleh pemuda da mahasiswa, tetapi terbuka untuk umum. Acara berjalan lancar dan mendapat antusiasme dari peserta.

Hadir sebagai narasumber senator/anggota DPD RI perwakilan Sulawesi Selatan 3 periode, yakni periode 2004-2009, 2009–2014 dan 2014–2019 Dr. Ir. H. Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, M.Si dan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi serta dipandu oleh Sekretaris PD Pemuda Hidayatullah Palopo Mufaddal. (ybh/hio)