DPW Hidayatullah Jateng Gelar Workshop Digital Marketing

SEMARANG (Hidayatullah.or.id) — Era 4.0 ini semua aktivitas sudah beralih ke digital baik dalam hal pemasaran produk, jasa, pendidikan, bahkan dalam hal dakwah. Tak pelak, pemasaran secara digital akhirnya menjadi sebuah kebutuhan dan tuntutan yang sukar untuk ditinggalkan.

Oleh karena itu, Departemen Ekonomi Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Jawa Tengah bersinergi dengan BMH menyelenggarakan kegiatan workshop digital marketing dengan tema “Growth up Your Mindset with Digital Marketing” untuk para pegiat dan pengusaha kalangan Hidayatullah di Jawa Tengah, yang digelar selama 2 hari, Sabtu-Ahad, 19-20 Muharram 1443 (28-29/8/2021).

Ketua Departemen Ekonomi DPW Hidayatullah Jawa Tengah, Hamdan, dalam sambutannya mengatakan acara ini dalam rangka untuk menguatkan ekosistem digital Hidayatullah yang saat ini mulai terpola.

Menurutnya, ekosistem digital terutama yang sedang dilakoni oleh komunitas Hidayatullah di Jawa Tengah perlu untuk terus dikuatkan dengan membekali pelaku usaha yang akan atau sudah terjun ke sektor ini.

Hamdan mengatakan, acara digital marketing ini tidak saja diajarkan bagaimana para pengusaha upload konten, tapi juga diantar mengetahui sasaran yang dituju dengan tepat serta bagaimana menyajikan materi digital yang menarik minat audience.

Menurutnya, sudah banyak orang yang berhasil meluaskan kebermanfaatan lewat online baik melalui platform media sosial seperti, Facebook, Instagram, YouTube, Twitter maupun lewat website. Menurut Hamdan, pengusaha, terutama yang pemula, perlu untuk mendalami corak pada industri ini.

“Dua hari memang masih terasa sangat kurang. Kedepan akan kita buat secara berjenjang agar ilmu yang didapatkan benar-benar sempurna,” pungkas Hamdan.

Turut memberikan penguatan dalam workshop yang digelar intensif selama dua hari ini, Ketua Bidang Perekonomian DPP Hidayatullah, Drs Wahyu Rahman, MM.

Melalui sambungan perangkat virtual dari Jakarta, Wahyu Rahman mendorong dikuatkanya etos usaha di komunitas ini. Baginya, dalam berusaha tentu tidak lepas dari berbagai risiko termasuk risiko untung rugi.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan, dalam berwirausaha tidak saja dibutuhkan keberanian untuk mengambil keputusan tetapi juga diperlukan bekal kemampuan membaca pasar termasuk dalam meningkatkan profit.

“Dalam berusaha jangan terlalu banyak hitung-hitungan. Jalankan saja dulu. Bismillah, jalankan!,” katanya memberi motivasi seraya dengan itu pengusaha sekaligus memperhatikan SOP setelah bisnis yang dibangun mulai terpola dengan baik.

Acara yang berlangsung di Semarang selama dua hari ini di buka langsung oleh Ketua DPW Hidayatullah Jawa Tengah, Ali Subur.

Dalam sambutan singkatnya, Subur sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan departemen ekonomi wilayah Jawa Tengah ini. Dia berharap workshop ini dapat dilakukan berkelanjutan sehingga menelurkan lebih banyak lagi pegiat di industri digital.

“Saya sangat berharap workshop ini mampu membawa kawan-kawan lebih terbuka mindset bisnisnya dan juga jadikan ini sebagai sarana untuk mengembangkan diri sebagai kader di Jawa Tengah khususnya di bidang digital marketing,” harap beliau.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Saraswati ini diikuti oleh 28 pengusaha Hidayatullah dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Hadir sebagai narasumber Mas R. Iman Saepul, principle Sekolah Preneur Solo dan expert di bidang HRD dan mindset bisnis. Lalu hadir juga narasumber Mas Hasyim yang expert di digital marketing dan Bachtiar yang kerap dijuluki sebagai pakar “marketing langit”.*/Yusran Yauma