Hidayatullah Bintan Bekali Anak Muda Skil Public Speaking

BINTAN (Hidayatullah.or.id) — Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) sangat dibutuhkan oleh praktisi di berbagai bidang khususnya bagi seorang aktivis dakwah dan tarbiyah. Karena itu DPD Hidayatullah Bintan menggelar pelatihan public speaking bagi masyarakat umum.

Kegiatan bertahuk Seminar Public Speaking ini dihelat di kampus Madya Hidayatullah Bintan dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang telah berpengalaman dengan mengusung tema “The Power Of Public Speaking”, Ahad, 9 Rabiul Akhir 1443 (14/11 2021).

Menurut inisiator acara, ketua DPD Hidayatullah Bintan, Ust Sholehuddin, kemampuan public speaking harus dimiliki anak-anak muda sebab nantinya mereka akan menjadi pemimpin dan akan berinteraksi dengan orang banyak, seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi orang lain dengan kemampuan komunikasi yang baik.

Materi melatih kemampuan berbicara di depan umum pada sesi pertama disampaikan oleh dai kondang di kabupaten Bintan yang juga ketua MUI Kecamatan Toapaya, Ustadz Meydi, S.Sos.I dan Fermansya Fatria Pratama, dai dan dosen public speaking.

Dalam paparannya, Meydi menyampaikan bahwa public speaking kelihatannya mudah tetapi kalau tidak sering dilatih akan mengalami jika berbicara di depan umum.

“Seorang pemimpin harus dapat mengkomunikasikan gagasannya kepada org lain,” terang Meydi.

Pada sesi berikutnya, Fermasyah Fatria Pratama, membagikan trik dan teknik bagaimana menjadi seorang pembicara yang handal, cara mengatasi grogi dan ketakutan lainnya, juga diajarkan tentang cara membaca karakter sesorang melalui mata, sikap tangan dan kakinya.

Acara seminar ini disambut antusia para peserta, sebagaimana dituturkan oleh salah seorang peserta, Rianto, yang mengaku sangat senang bisa mengikuti seminar ini.

Rianto berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sekali diselenggarakan, ia berharap setiap bulan untuk mengasah kemampuannya berbicara di depan umum.

Demikian juga peserta dari Tanjung Pinang, Syamsul Alam, menuturkan bahwa banyak ilmu yang didapatkan dari pemateri dan berharap bisa juga diselenggarakan di Hidayatullah Tanjung Pinang.

Ketua panitia Arief Agustiawan dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan acara ini untuk meningkatkan skil public speaking pengurus dan anggota binaan DPD Hidayatullah Bintan dan sekitarnya dan mahasiswa serta masyarakata pada umumnya.*/Mujahid M. Salbu