Wagub Lakotani Resmikan Rumah Qur’an Hidayatullah se-Papua Barat

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) – Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani meresmikan secara simbolis peluncuran Rumah Quran Hidayatullah (RQH) se-Papua Barat.

Acara yang digelar bersamaan dengan acara Pembukaan Leadership Training Center (LTC) Pemuda Hidayatullah Papua Barat, ini berlangsung di Aula Ponpes Hidayatullah Manokwari, Jl. Trikora Arfai II Kelurahan Anday Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Ahad, 23 Rabiul Akhir 1443 (28/11/2021).

Dalam jemputannya dalam peresmian ini, Wagub Papua Barat mendorong Hidayatullah terus memantapkan perannya dalam membangun sumber daya manusia yang berilmu, beriman, bertakwa, dan berkeadaban mulia sebagaimana amanat dalam falsafah Pancasila.

Wagub juga berharap, dengan beragam program keummatan dan kebangsaan yang dimiliki, Hidayatullah sangat siap untuk menghadapi bonus demografi negara Indonesia ke depan.

“Semoga dengan berdirinya Rumah Quran ini, generasi bangsa terkhusus Papua Barat menjadi generasi emas yang membawa bangsa kita maju dan bermartabat,” pesannya.

Ketua Departemen Dakwah DPW Hidayatullah Papua Barat, Ust Burhanuddin, mengatakan program ini adalah kerjasama antara Departemen Dakwah Hidayatullah Papua Barat dengan BMH Papua Barat, Pemuda Hidayatullah, dan Muslimat Hidayatullah Papua Barat.

“Program ini adalah merupakan derivasi dari program kerja yang telah ditetapkan dalam forum nasional Hidayatullah baik Munas maupun Rakernas,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan pihaknya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung dan terlibat langsung dalam mensukseskan kegiatan ini. Pada kesempatan tersebut, dilakukan Launching Rumah Qur’an Qurrata’ayun di Manokwari.

“Rumah Qur’an Qurrataa’yun Manokwari akan menjadi rumah Qur’an percontohan di Papua Barat, Insya Allah. Saat ini ada belasan santri yang muqim di asrama,” kata Burhanuddin.

Dia meminta doa semoga dengan launching Rumah Qur’an ini menjadi langkah awal untuk membuka 100 RQ di Manokwari khususnya dan 1000 RQ Papua Barat pada umumnya.

Ketua BMH Papua Barat, Abdullah, menyatakan dukungannya untuk bersama mensukseskan membangun generasi cinta Al-Qur’an di Papuq Barat melalui RQ dengan beragam program pendididikan di dalamnya.

“Orang yang mulia adalah yang belajar, membaca, dan mengajarkan al-Qur’an. Mumpung kita masih diberi kesempatan untuk memuliakan al-Qur’an. Kita berharap dengan adanya Rumah Qur’an ini dapat membumikan al-Qur’an di Bumi Cendraswasih,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua PW Muslimat Hidayatullah Papua Barat, Ustadzah Nadrah, menyatakan kesiapan pihaknya memantapkan sinergi untuk suksesnya pembinaan anak-anak di Papua Barat.

“Target dari program Rumah Qur’an ini minimal anak-anak memiliki bacaan al-Qur’an standar dan mampu menghafal al-Qur’an surah-surah pendek,” kata Nadrah.

Peresmian ini turut disaksikan Ketua DPW Hidayatullah Papua Barat Ust Hasdar Ambal, Ketua Dewan Murabbi Papua Barat Ust Hasanuddin Aly, Ketua MUI Papua Barat KH Ahmad Nasrau, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari Ibu Hj. Suriyati Faisal, S.H, Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi, Sekretaris PW Pemuda Hidayatullah Papua Barat Jamaluddin Tafalas, perwakilan OKP, undangan, dan tokoh masyarakat dan agama..*/Miftahuddin