Sinergi Hadirkan Rumah Quran Tunarungu Hidayatullah Banten

BANTEN (Hidayatullah.or.id) — Simpul sinergi DPW Hidayatullah Banten, BMH, dan Komunitas Tunarungu Bante berikhtiar hadirkan Rumah Qur’an (RQ) Tunarungu.

Peluncuran RQ Tunarungu ini dilakukan di masjid agung Banen, yakni Masjid Raya Al-Bantani, Sabtu, 29 Rabiul Akhir 1443 (4/12/2021).

“Mohon doanya, ini merupakan ikhtiar dakwah dari sahabat kita tunarungu, semoga dengan mereka kita senantiasa semakin semangat lagi,” kata Ketua DPW Hidayatullah Banten, Ust Ahmad Maghfur Agus Gunawan.

Maghfur mengklaim, Rumah Qur’an (RQ) Tunarungu yang diluncurkannya ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Ia pun merasa takjub, sebab dari hadirin tunarungu yang menghadiri peluncuran Rumah Qur’an ini ternyata banyak sudah hafal Al Qur’an 30 juz.

“Yang lebih luar biasa lagi ternyata ada diantara mereka yang menghafal Al Quran. Subhanallah, luar biasa, kita doakan sahabat kita tunarungu mudah mudahan semakin semangat, semakin baik juga, dan semakin paham dengan agama Islam,” katanya.

Sementara itu, Kepala BMH Perwakilan Banten, Bati Andalo, mengatakan upaya memberikan layanan dakwah dan pendidikan, utamanya di bidang Alquran mendorong BMH juga berikan perhatian kepada disabilitas, dalam hal ini adalah tunarungu.

“Alhamdulillah, melalui momentum tabligh akbar yang digelar di masjid agung Banen, yakni Masjid Raya Al-Bantani, BMH launching Rumah Qur’an Tunarungu,” kata Bati.

Sejumlah 95 tunarungu hadir mengikuti kegiatan ini. Mereka didampingi oleh keluarga masing-masing.

“Senang sekali, akhirnya saudara saya yang tunarungu bisa juga belajar Alquran,” terang seorang pendamping tunarungu, Novi.

Harapan dari dibukanya Rumah Qur’an Tunarungu jadikan mereka yang terbatas juga dapat memahami dan menikmati keindahan Alquran.*/Herim