Hidayatullah Diharapkan Jadi Barometer Peradaban Islam di Indonesia

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, berharap Hidayatullah terus memberikan manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara serta dapat menjadi barometer peradaban Islam khususnya di Indonesia.

“Selain itu, ke depan Pondok Pesantren Hidayatullah ini terus berkembang menjadi barometer dan sebagai central peradaban Islam di Indonesia,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan guest house Peradaban Ummul Quro Pondok Pesantren Hidayatullah yang berlokasi di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan, Kaltim, Sabtu, 12 Syawal 1443 (14/5/2022).

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan Subari, anggota DPRD Provinsi Kaltim H Yusuf Mustafa, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Ummul Quro Balikpapan KH Hamzah Akbar, Ketua Bawaslu Balikpapan Agustan, termasuk Ketum PP Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi serta tampak pula tokoh senior Hidayatullah Ustadz Abdul Latif Usman yang ikut meletakkan batu di Pondok Pesantren Hidayatullah.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya mengatakan, Peradaban Ummul Quro Pondok Pesantren Hidayatullah ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan doanya bisa melindungi bangsa khususnya kota Balikpapan.

Apalagi, lanjut Wali Kota, Balikpapan kini menjadi penyangga dan pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) sehingga sudah saatnya harus bisa menyiapkan pendidikan formal maupun pendidikan religi dalam hal ini pondok pesantren.

“Kita harus berpegang pada ilmu agama. Kalau kita menciptakan anak-anak yang pintar tapi tidak benar hidupnya juga percuma. Saya yakin melalui pondok pesantren yang melahirkan santri-santri tentunya sudah banyak berbuat dengan bangsa yang kita cintai,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota, apabila membangun bangunan untuk kegiatan dakwah atau syiar Allah SWT akan datangkan dan mudahkan dari penjuru manapun.

Untuk itu, Rahmad mengajak pengusaha muslim, anggota DPRD Balikpapan maupun Provinsi, saudara-saudara muslim dan para dermawan di Kota Balikpapan, supaya dapat terpanggil hatinya untuk bisa memberikan harta yang dititipkan kepadanya, agar dapat bermanfaat dalam syiar Islam di Kota Balikpapan.

“Tidak menutup kemungkinan juga kami dari keluarga. Insyaallah dengan izin Allah SWT, dengan harta yang dititipkan kepada kami dan keluarga. Mudah-mudahan harta yang dititipkan ini dapat bermanfaat kepada kami sebagai penyiar syariat Islam di permukaan bumi ini,” jelasnya.

Rahmad mengungkapkan, dalam tahun ini yayasan Bani Mas’ud sedang proses pembangunan Masjid dan Rumah Tahfidz Bani Mas’ud yang dikumpulkan dari zakat keluarga Bani Mas’ud.

“Saya minta para ustad dan santri Pondok Pesantren Hidayatullah dapat membantu. Saya yakin tidak mungkin bisa sendiri untuk penyebaran agama kita,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Ummul Quro Balikpapan KH Hamzah Akbar mengatakan Pondok Pesantren Hidayatullah ini membuka jariyah sebesar-besarnya.

“Tidak hanya untuk melakukan pembangunan guest house saja, melainkan untuk kebutuhan lain dalam memajukan Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak semakin maju dan berkembang,” ujarnya. (ybh/hio)