DMU SMU Hidayatullah Kaltara, Ustadz Naspi Pesan Genjot Kecerdasan

TARAKAN (Hidayatullah.or.id) — Anggota Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah KH Naspi Arsyad meluangkan waktu ditengah kesibukannya menjadi pemateri dalam kegiatan Daurah Marhalah tingkat SMA/ sederajat se-Kalimantan Utara (Kaltara) gelaran DPW Hidayatullah Kaltara, yang dibuka pada Selasa, 23 Syawal 1443 (24/5/2022).

Dalam pengantarnya, Naspi mengatakan pelaksanaan Daurah Marhalah Ula untuk jenjang SMU adalah salah satu terobosan baik untuk menjawab kebutuhan terhadap sumber daya insani yang tidak sekedar cakap secara kognitif, tapi juga memiliki pemahaman komprehensif akan konsep tarbiyah dan dakwah Hidayatullah agar mainstream ini berjalan sesuai arah yang diharapkan.

Karenanya, terang Naspi, seorang kader harus cerdas karena kecerdasannya akan menuntun langkah dan inisiatifnya untuk menetapkan pilihan yang tepat dan bukan sekedar benar.

“Maka yang harus digenjot bagi seorang kader Hidayatullah adalah kecerdasannya karena hal ini tidak menjadi sifat yang otomatis ada,” kata kakek dari seorang cucu ini.

Naspi menjelaskan, kecerdasan seorang kader Hidayatullah dapat tercermin dalam keyakinannya bahwa memilih jalan tarbiyah dan dakwah adalah pilihan yang tidak boleh digoyahkan oleh tawaran-tawaran duniawi.

“Kecerdasan kader Hidayatullah mewujud dalam keteguhan dirinya untuk menolak tawaran-tawaran yang akan menarik dia keluar dari arus indah perjuangan Islam,” kata perintis Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) yang juga pengawal di Pondok Tahfizh Al Quran Al Humaira Sukabumi ini.

Alumni Universitas Islam MadinahArab Saudi ini meminta agar semua peserta DMU-SMU untuk mengikuti semua materi dan kegiatan secara maksimal agar hasilnya dapat terwujud seperti yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua DPW Hidayatullah Kalimantan Utara, Ust. Endi Haryono, S.Sos.I, menyampaikan perihal pentingnya menyiapkan generasi pelanjut risalah dakwah sedari awal yang kelak akan memikul amanah kehambaan dan kekhalifahan di bumi.

“Kita menyadari bahwa perjalanan Hidayatullah masih sangat panjang. Dan, apa yang ingin dikerjakan juga masih sangat banyak.
Olehnya itu, Hidayatullah meyakini bahwa keberadaan kader-kader muda adalah satu investasi besar yang Allah titipkan agar nafas perjuangan ini tidak berhenti secara prematur,” kata Endi.

Dalam kesempatan pembukaan acara tersebut turut hadir Ketua Yayasan Hidayatullah Tarakan, Ust. Nuryahya Asa yang juga Dew an Murabbi Wilayah, tokoh masyarakat, pengurus yayasan, unsur inti penyelenggara pendidikan, amal dan badan usaha serta perwakilan organisasi pendukung (orpen) dan lainnya. (ybh/hio)