Remas Baabul Iman dan BKMT Iwoimopuro Gelar Silaturrahim Syawal

KOLAKA (Hidayatullah.or.id) — Pengurus Remaja Masjid Baabul Iman Iwoimopuro bekerja sama dengan Badan Kontak Majelis Taklim(BKMT) Iwoimopuro, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan kegiatan Silaturrahim Syawal dengan tema “Merajut Ukhuwah, Kokohkan Jamaah”.

Dalam acara yang terlaksana di Masjid Baabul Iman, Iwoimopuro pada Jum’at, 26 Syawwal 1443 H (27 Mei 2022) tersebut, panitia mendapuk Penyuluh Agama Islam Kecamatan Wolo Ust. Jumadi, S.Sos.I. sebagai pemateri pertama dan Ketua Yayasan Kampus Madya Pesantren Hidayatullah Ulukalo, Kabupaten Kolaka Ust. Muh. Arief Nur, S.Pd.I., M.Pd. sebagai pemateri ke-2.

Kegiatan tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ust. Muh. Arif Nur yang merupakan Qori Nasional yang pernah mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara di ajang MTQ tingkat Nasional yang membuat jamaah khusuk mendengarkan kalam ilahi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Iwoimopuro. Pada kesempatan itu Kepala Desa Iwoimopuro, Rusli dalam sambutannya menyampaikan pentingnya menjaga persatuan dan menghidupkan kegiatan keagamaan.

“Kita sebagai masyarakat harus senantiasa menjaga persatuan. Pemerintah Desa dan tokoh-tokoh masyarakat harus bahu membahu untuk memahamkan masyarakat kita tentang pentingnya selalu datang ke masjid dan mengikuti kegiatan keagamaan seperti ini,” terangnya.

Pemateri pertama menyampaikan bahwa kokohnya suatu jama’ah manakala ada persatuan serta senantiasa menjaga silaturrahim dengan mengambil perumpamaan pada semut.

“Semut yang kecil pun bisa mengalahkan gajah yang besar karena semut memiliki persaudaraan dan persatuan yang kuat,” terang Ust. Jumadi.

Sementara itu, Ust. Muh. Arief Nur sebagai pemateri ke-dua dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa orang bertakwa adalah yang baik hubungannya dengan saudaranya, seraya mengutip firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam QS. Ali Imran ayat 133 hingga ayat 136.

“Orang bertakwa adalah orang yang gemar berinfak dalam membantu kesulitan saudaranya, mampu menahan amarahnya, selalu memaafkan kesalahan, dan senantiasa mengantar dirinya menjadi orang yang senantiasa berbuat baik. Sesungguhnya, inilah solusi dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam membangun tatanan kehidupan sosial manusia,” jelas Musyrif dan Muallim Nasional Hidayatullah Sultra ini.

Selanjutnya, ketua panitia acara tersebut Ust. Nasruddin Malewa, S.Sos.I. yang juga merupaka=an salah satu alumni Pesantren Hidayatullah Ulukalo menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak sehingga acara tersebut bisa terselenggara dengan baik.

“Dengan adanya kegiatan Silaturrahim Syawal ini,” sambungnya, “Diharapkan tali silaturahim antar kita dapat terjalin dengan baik.”

Acara kemudian dilanjutkan dengan launching kegiatan Berbagi Berkah Jum’at yakni program pembagian makan setiap hari Jum’at bagi jama’ah Masjid Baabul Iman dan akhirnya ditutup dengan penyerahan cenderamata oleh pemerintah desa setempat kepada pemateri./*Noer Akbar