Wadi Barakah Tuan Rumah Training Camp I SARC KAHMI Sulsel

MAROS (Hidayatullah.or.id) – Lokasi pengembangan agrowisata Wadi Barakah di kawasan Pondok Pesantren Tahfidz Putra Hidayatullah Tompobulu, Kabupaten Maros, menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara Training Camp I Satuan Reaksi Cepat (SARC) Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) selama 3 hari, 28-30 Muharram 1444 / 26-28 Agustus 2022.

Pembukaan dilaksanakan pada hari Jum’at (26/8) dan dibuka oleh Presidium MW KAHMI Sulsel, Fadriaty AS. Dalam sambutannya Fadriaty mengapresiasi kegiatan yang diadakan SARC KAHMI Sulsel dan mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Training yang diikuti 41 peserta ini berasal dari utusan MD Kab/Kota, Cabang dan Badko yang telah melalui proses seleksi wawancara dan tes kesehatan yang dilakukan Tim Medis SARC.

Sebanyak 6 instruktur training dihadirkan di antaranya, BPBD Sulsel, PMI Makassar, Sekum MW KAHMI Sulsel, Psikolog dan Koordinator Presidium MW FORHATI Sulsel.

Selain materi mitigasi bencana dan bantuan hidup dasar, manajemen kebencanaan, psychological first aid, volunteerisme, manajemen logistik bencana, tim SARC juga menurunkan materi peran kelembagaan KAHMI terhadap Kesiagabencanaan.

“Setelah semua materi berlangsung, kami juga menyiapkan evaluasi dengan metode outdoor, muatan evaluasi berkenaan dengan semua materi yang telah diberikan,” ujar Faidar Mile, Direktur SARC KAHMI Sulsel.

Sebelum evaluasi, dilakukan pra-test berupa analisis situasi kebencanaan. Tiap peserta dibagi ke dalam lima kelompok dan bertugas menganalisis situasi kebencanaan serta bagaimana menjadikan pengetahuan yang mereka dapatkan sebagai tools.

Direktur SARC Kahmi Sulsel, Faidar, mengatakan rencana tindak lanjut dari kegiatan training ini adalah 6 bulan ke depan pihaknya akan lihat bagaimana relawan ini akan bekerja. “Mereka terbagi dari Pelopor dan Bravo,” kata Faidar.

Sekretaris Umum SARC KAHMI Sulsel, Nasruddin Upel, menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melakukan kegiatan dengan penanaman 1000 bibit pohon di kawasan.

“Kami juga berterima kasih kepada Pondok Pesantren Hidayatullah atas support dan kerjasamanya, sehingga training ini dapat dilaksanakan,” kata Narsuddin.

Ketua Panitia Kegiatan dr.Sulfian Syam mengatakan kegiatan ini dapat terlaksana atas peran aktif pengurus SARC kahmi Sulsel dan Pengurus KAHMI Sulsel.*/Mudanews