Jelang Penugasan, Mahasiswa STAIL Ujian Tahfidz Terbuka

SURABAYA (Hidayatullah.or.id) — Mahasiswa Semester VIII Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Al Hakim (STAIL) mengikuti Ujian Tahfidz Terbuka yang diselenggarakan di Masjid Aqshal Madinah, Komplek Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Sabtu (02/08/2019).

Para peserta Ujian Tahfidz Terbuka ini adalah mahasiswa program takhassus STAIL yang akan maju ke panggung wisuda dan sekaligus mendapatkan amanah penugasan dakwah pada bulan September nanti jika dinyatakan lulus menjalani ujian kali ini.

Kegiatan ujian terbuka ini berlangsung khusyuk dan khidmat. Dua orang pakar Al Qur’an yang juga penguji duduk bersila di balik meja setinggi betis dengan Qur’annya masing-masing.

Di hadapan penguji, mahasiswa secara bergiliran diuji dengan rentang waktu yang relatif lama. Peserta ujian harus fokus menyimak bacaan dan pertanyaan dua orang penguji agar bisa menjawab dengan tepat. Sementara itu, mahasiswa yang sedang menanti giliran tampil, pun tampak berkonsetrasi menelaah lembaran Al Qur’an yang dipegangnya.

Diketahui, STAIL Surabaya sebagai sekolah tinggi di bawah naungan ormas Hidayatullah memang mewajibkan para mahasiswa untuk memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz.

Para mahasiwa ini nantinya akan disebar ke seluruh pojok nusantara khususnya di jaringan Hidayatullah, termasuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan tenaga penyuluh agama di daerah pedalaman, minoritas dan tertinggal.

Harapannya, dengan adanya bekal hafalan Al Qur’an dan internalisasi kandungannya dalam kehidupan sehari hari ini, mereka kelak bisa menjadi teladan dai yang baik di tempat di mana mereka bertugas.

Ujian Tahfidz Terbuka STAIL Suranaya ini sendiri telah diadakan secara terbuka sejak empat tahun yang lalu dan telah berhasil menelurkan ratusan dai pembangun bangsa yang mengabdi di berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini, STAIL menghadirkan dua orang penguji, yaitu Syeikh Muhammad Mahdi al Yamani asal Yaman yang kini menjadi mudir di kelas Tahfidz Hidayatullah Surabaya dan Ust Baihaqi, LC, yang merupakan pengajar serta salah satu pengasuh di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.*/Muhammad Faruq

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.