Posdai Hidayatullah Melayani Dahaga Muallaf Tapanuli Utara

TAPANULI UTARA (Hidayatullah.or.id) — Lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (PosDai) berupaya untuk terus memenuhi harapan umat muslim dalam rangka pembinaan keagamaan, khususnya muallaf dan anak-anak generasi pelanjutnya yang ada di sudut-sudut negeri.

Demikianlah yang intensif dilakukan oleh Posdai Sumatera Utara dengan membuat program bernama Bina Kampung Muallaf yang menangani penyuluhan keagamaan Islam di sejumlah desa di Kabupaten Tapanuli Utara.

Ketua Posdai Sumut Ust Ibnu Rusydi Sinaga mengatakan pihaknya secara rutin melakukan pembinaan di sejumlah kampung muallaf. Untuk menuju lokasi binaan, mereka harus menempuh medan yang tidak mudah. Akses transportasi memang masih cukup belum memadai.

“Animo masyarakat binaan sangat tinggi membuat kami terharu, mereka sangat mengharapkan terus adanya pembinaan terutama dalam pengajaran Al Quran,” kata Sinaga.

Rusydi Sinaga menyebutkan pihaknya secara intensif melakukan pembinaan ke sejumlah desa yang dibina oleh dai-dai dari Posdai dan Hidayatullah Sumatera Utara.

Diantaranya pihaknya melakukan pembinaan di Desa Sibargot, Kecamatan Garoga dengan kegiatan rutin pembelajaran Al Quran metode Grand MBA, pengajian bulanan, tausiyah subuh dan penyelenggaran Taman Pendidikan Al Quran (TPA). Di Desa Sibargot Tapanuli Utara, Posdai menugaskan Ust Marwan Nasution dan Ibnu Rusydi Sinaga sendiri.

Lalu ada juga Dusun Lau Meciho, Desa Harapan, Keca Tanah Pinem, Kabupaten Dairi dengan program yang serupa. Di Lau Meciho Posdai menugaskan Ust Rajab Abdullah Selian dibersamai Rusydi Sinaga.

Ada pula Ust Habibullah Lubis, Ust Fikri Nasution dan Ust Jamaluddin Kudadiri yang secara rutin melakukan pembinaan di Dusun Lau Gedang, Desa Suka Makmur, Kabupaten Tanah Karo serta di Desa Marolan Kecamatan Sibiru biru Deli Serdang yang diampu Ust Mukallam dan Ust Edi Sembiring.

Ust Ibnu Rusydi Sinaga berharap program pembinaan tersebut dapat terus dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat muslim pedalaman serta memberikan dampak positif bagi pengembangan sumber daya insani yang berilmu, beriman dan bertakwa. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.