Tugas Berat Dai Harus Mandiri dan Menjadi Teladan

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ada tugas berat bagi seorang dai atau muballigh yang memiliki peran penyampai risalah Islam, yaitu menjadikan dirinya berdaya sehingga mandiri serta menjadi panutan dalam kebaikan kapan dan dimanapun berada.

“Pentingnya seorang dai untuk memberi teladan kepada mad’unya dan ini yang berat bagi seorang dai. Karena beginilah seorang dai yang ideal sebagaimana Nabi dan para Sahabat telah menjadi teladan yang terbaik bagi umatnya,” kata Ketua Umum DPP Hidayatullah KH DR Nashirul Haq, MA di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah KH DR Nashirul Haq dalam acara Upgrading Muballigh Hidayatullah yang diikuti oleh 50-an muballigh/dai Hidayatullah se-Jabodebek.

Doktor lulusan International Islamic University Malaysia (IIUM) ini menekankan pentingnya materi ini karena seorang dai adalah panutan di tengah masyarakat.

“Tidak hanya sekedar memberi taklim dalam bentuk ceramah, taushiyah dan khutbah saja. Namun dai di mata masyarakat adalah panutan yang mana lisan dan perbuatannya menjadi contoh yang diikuti oleh mereka,” katanya mengingatkan.

Dai juga menurutnya harus mandiri agar tetap terjaga integritas dan idealismenya. Dengan begitu harga dirinya tidak terbeli sehingga seorang dai tetap bisa menyuarakan kebenaran, menyampaikan dakwah tanpa menunduk kepalanya.

“Maka perlu juga disupport berdirinya BMT, koperasi syariah dan amal-amal usaha muslim lainnya agar dai bisa terbantu kemandiriannya,” katanya.

Upgrading Muballigh Hidayatullah bertema “Spirit Dakwah Mensukseskan Program Gardakota di Ibukota Jakarta” ini diselenggarakan oleh Gerakan Dakwah Komunitas Taqarrub (Gardakota) yang di support penuh oleh Laznas Baitul Maal Hidayatullah.

Gardakota adalah komunitas dai dan muballigh yang konsen dalam pembinaan umat. Program yang diluncurkan antara lain penyediaan tenaga dai, khatib, guru ngaji, marbot, dan sebagainya. Selain itu juga mendirikan TPQ, Rumah Qur’an dan program keummatan lainnya.

Baitul Maal Hidayatullah sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional sangat mensupport kegiatan Upgrading seperti ini karena salah satu program unggulan BMH adalah Dai Berdaya. (rls/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.