Memilih Sekolah Untuk Anak

Memilih sekolah anak harus hati-hati. Karena terkait masa depan, karakter, dan pencapaian harapan orangtua. Tidak bisa sepenuhnya menyerahkan kepada anak. Apalagi kalau baru lulus SD, sebab anak-anak pertimbangannya masih pragmatis dan jangka pendek. Seperti ikut-ikutan temannya, anak tetangga, terpengaruh iklan promosi, dan pikirannya yang masih terbatas tentang sekolah tersebut.

Namun orangtua juga tidak bisa memaksakan secara otoriter. Bisa berakibat fatal: perlawanan anak dengan ogah-ogahan sekolah atau berontak dengan tidak mau mengikuti pilihan orangtuanya. Mungkin ada yang terpaksa mengikuti pilihan orangtua, tapi tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Saat ini banyak sekali sekolah yang tersedia untuk anakanak. Masing-masing memiliki keunggulan dan keistimewaan yang menarik. Harus jeli, teliti dalam menentukan. Memilih Sekolah gampang-gampang Susah, ada yang mengatakan Seperti mencari jodoh. Rumit karena untuk perjalanan masa Cepan anak, tidak bisa asalasalan atau yang penting sekolah.

Orangtua Harus Kompak

Sebelum melakukan survei dan dialog untuk mengarahkan pilihan, orangtua harus kompak, memiliki satu pemahaman dan pikiran. Jangan Sampai memperlihatkan ketidakkompakan kepada berakibat fatal untuk kesiapan mental dalam mengikuti pilihan orangtua. Ketidak kompakkan orangtua membuat anak menjadi bingung dan tidak kuat pendiriannya.

Kekompakan pilihan orangtua didasarkan pada visi yang Citanamkan sejak anak dalam kanduncan. Meskipun dalam perjalanan ada godaan seperti cita-cita anak berubah. Kemudian orangtua juga harus mengetahui kemampuan putra-putrinya secara mental dan intelektual, bakat dan minatnya. Sehingga lebih bijaksana dalam memilihkan sekolah sesuai dengan kebutuhan sang anak. Bukan sekadar keinginan orangtua etau hanya mengejar status sekolahnya keren atau bonafid.

Menentukan sekolah harus disesuaikan visi orangtua. Yaitu standart yang bisa menyelamatkan dunia dan akhirat, dengan orientasi kepada keimanan dan akhlak yang mulia. Bukan sekadar prestasi akademik.

Istiharah

Allah SWT memberi fasilitas sebuah shalat yang khusus untuk menentukan sebuah pilihan. Atau di saat seseorang mengalami kebimbangan dalam mimilih. Fasilitas itu bernama shalat Istikharah.

Shalat Istikaharah adalah bentuk ketidakmampuan atau keterbatasan seseorang di dalam menentukan sebuah pilihan. . Dan menyakini hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui, Maha Mendengar dan Maha Kuasa untuk membantu dalam sebuah pilihan.

Sehingga penting melibatkan Allah SWT dalam setiap keputusan yang hendak dipilih melalui shalat Istikharah. Ini bagian dari aktualisasi tauhid dan akhlag kepada Allah SWT

Dalam shalat Istikharah ada munajat dan kerendahan diri atas ketidakmampuan melihat apa yang terjadi di kemudian hari.

Obeservasi Dulu

Diera 4.0 ini, sebenarnya memudahkan untuk mencari sekolah yang diinginkan. Banyak informasi tentang sekolahsekolah terbaik. Meskipun tidak semua sekolah yang baik memiliki situs atau website. Meski demikian para orangtua lebih disarankan untuk melakukan survei langsung dan lebih awal ke sekolah-sekolah yang menjadi pilihan, bukan hanya lewat media. Lebih bagus lagi jika mengajak anaknya berkunjung, silaturahim, melihat dan berdialog langsung dengan murid dan gurunya.*MajalahSahid

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.