Tim Kontingen STIT Hidayatullah Batam masuk Final OASE PTKI se-Indonesia

BANDA ACEH (Hidayatullah.or.id) — Tim kontingen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Hidayatullah Batam masuk ke babak final pada ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Kampus Utama Hidayatullah Batam, Ustadz Khoirul Amri, mengapresiasi dan mendukung penuh kepada Tim Kontingen STIT Hidayatullah Batam.

“Atas nama Yayasan, kami memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Civitas Akademika STIT Hidayatullah Batam, yang telah bermujahadah secara mandiri untuk bisa membawa nama kampus dalam ajang lomba OASE PTKI ini,” ujarnya saat melepas tim kontingen STIT Hidayatullah Batam Kepulauan Riau, Rabu, 19 Rabiul Akhir 1443 (24/11/2021).

Di pelataran Graha Hidayatullah Batam, Khoirul Amri menyampaikan dukungan dan doa dari pihak yayasan semoga utusan peserta STIT dan dosen pendamping diberikan kesehatan kemudahan dan keselamatan oleh Allah SWT saat mengikuti perlombaan.

“Semoga mendapatkan hasil terbaik dengan ikhtiar yang maksimal, dan diridhoi Allah,” jelasnya.

Dukungan juga datang dari Ketua STIT Hidayatullah Batam, Mohammad Ramli. Ia berharap tim kontingen dapat membawa dan mengharumkan nama Kampus STIT Hidayatullah Batam di level nasional.

“Selamat berkancah di level nasional, membawa dan mengharumkan nama Kampus STIT Hidayatullah Batam Kepulauan Riau,” katanya.

Saat dikonfirmasi lewat seluler, Ketua Badan Pembina Yayasan, Ustadz Jamaluddin Nur, juga memberikan dukungan dan doa.

“Maju terus,” ucapnya singkat.

Pada tahap final, lomba diadakan di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh secara luring tatap muka pada 25-28 November, yang juga menjadi panitia dan tuan rumah OASE PTKI 2021.

Data resmi panitia dari akun Instagram oase_ptki, menyebutkan ada 2955 tim peserta, dari 184 Perguruan Tinggi se Indonesia, dan ada 957 tim untuk lomba pada bidang Karya Inovasi.

Selanjutnya yang dipilih untuk tiap kategori hanya 10 besar saja. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam diantara salah satu yang masuk dari ratusan tim peserta tersebut.

Untuk diketahui bahwa OASE PTKI ini menggelar beberapa ajang lomba, yaitu: Karya Inovasi, Debat Ilmiah (Arab, Inggris, Konstitusi), Qiroatul Kutub, Fahmil Qur’an, Story Telling, Dai Mahasiswa, Sains dan Business Plan.

Tiap bidang lomba ada lagi turunan lombanya. Misalnya Bidang Karya Inovasi, yang diikuti oleh Kontingen STIT Hidayatullah Batam, yaitu: Literasi dan Inovasi Teknologi, Nano teknologi, Karya Tulis Al-Qur’an, Desain Arsitektur Islam, Media Pembelajaran, Iklim Limbah Lingkungan dan Sumberdaya, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Sosial Keagamaan, Astronomi dan Ilmu Falak, dan terakhir Robotic and Programming.

Adapun untuk kontingen STIT Hidayatullah Batam ikut dalam Karya Inovasi, kategori Literasi dan Inovasi Teknologi hingga berhasil masuk ke final.

Acara penutupan dan malam penganugerahan akan dihadiri langsung Menteri Agama RI. */Azhari