Ustadz Hamim Thohari: “In syaa Allah, di Munas Hidayatullah V tahun 2020, Sudah Akan Hadir Wakil dari Afrika”

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

KHARTOUM (Hidayatullah.or.id) – Kalimat itu seperti jadi husnul khatimah bagi rangkaian kunjungan Tim Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah ke Khartoum, Sudan, pekan lalu.

Ustadz Hamim Thohari, Sekretaris Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum (DPPU) yang memimpin Tim itu menyampaikan kalimat tersebut di hadapan para mahasiswa kader Hidayatullah yang sedang menuntut ilmu di Afrika Timur, sesaat sebelum terbang kembali ke tanah air.

“Gembira, tambah semangat, tapi sekaligus sedih karena para asatidz sudah harus pulang meninggalkan kami,” kata Nuruzzaman, salah seorang mahasiswa kader mengungkapkan perasaannya.

Selama tak kurang dari 6 hari, Tim DPP Hidayatullah yang terdiri dari gabungan unsur DPPU, Dewan Mudzakarah dan Departemen Luar Negeri menziarahi Khartoum, ibukota Republik Sudan, tempat bertemunya dua sungai Nil: Nil Biru dan Nil Putih.

“Ini bagian dari kewajiban Deplu memfasilitasi pembinaan dan pendampingan para mahasiswa kader di berbagai negara, agar aqidah, fikrah, dan manhaj-nya tetap istiqamah,” jelas Dzikrullah, Ketua Departemen Luar Negeri DPP Hidayatullah (Silakan kontak melalui e-mail: deplu@hidayatullah.or.id).

Selain Daurah Marhalah Ula yang meletakkan pondasi Manhaj Sistem Wahyu, kunjungan ini juga diisi dengan silaturrahim ke beberapa kampus universitas, ulama, Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Persatuan Pelajar Indonesia.

Muhammad Irsyadul ‘Ibad, Ketua Panitia, mengharapkan, “Kalau bisa lebih sering mengunjungi kami lebih baik. Kami selalu perlu bimbingan para Asatidz.”

Republik Sudan berpenduduk 39,5 juta jiwa (sensus 2016), menempati luas daratan 1,8 juta km2 hampir seluas daratan Indonesia.

Menurut Ruhiyat Haririe, Wakil Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan, ada 863 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di jenjang S1, S2, dan S3 di negeri itu.

“Ada tambahan sekitar 230 mahasiswa baru yang belum terdata,” kata Haririe (HP/WA ‭+249 11 167 3998‬).

Semoga Allah luruskan niatnya ikhlas menuntut ilmu karena Allah, sehingga kelak ikut memperbaiki Indonesia jadi bangsa Muslim yang kuat di dunia. (Hidayatullah.or.id)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.