Keluarga Besar PMII Gelar Bukber di Hidayatullah Tjilik Riwut

Organisasi yang berada di bawah Nahdlatul Ulama (NU), Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Kota Palangkaraya bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menggelar buka puasa bersama (bukber) di Masjid As-Salam, Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Danau Rangas, Tjilik Riwut, Km6,5, Palangkaraya, beberapa waktu lalu (20/7)/2013.

Bukber yang dirangkai dengan kegiatan temu kangen tersebut dihadiri Pembina IKA-PMII Kota H Bambang Suryadi dan Ketua IKA-PMII Kalteng H Awaludin Noor itu. Selain untuk menjalin silaturahmi juga bertujuan meningkatkan rasa simpati dan empati terhadap kondisi sosial masyarakat terutama anak-anak yatim piatu yang dibina Panti Asuhan Darul Tazkiah. Panti asuhan ini sebagai salah satu unit yang dikelola Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Tjilik Riwut.

Sebagai Dewan Pembina IKA-PMII Kota, Bambang meminta antara IKA-PMII dan PMII Kota tetap selalu membina jalinan informasi dengan selalu berkoordinasi dalam setiap kegiatan agar terarah dan berjalan dengan baik, terutama dalam moment-moment penting bagi umat Islam, seperti bulan Ramadhan ini.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini, saya harap antara IKA-PMII dan PMII selalu ada jalinan kebersamaan,” kata Bambang.

Sementara Ketua IKA-PMII Kota, Elly Saputra mengungkapkan IKA-PMII Kota baru terbentuk akhir Juni lalu, dan buka puasa bersama ini merupakan kali pertama kegiatan yang dilakukan.

Sebagai sarjana yang dulunya ketika mahasiswa tergabung dalam PMII, Elly menyadari bahwa PMII yang dibentuk oleh Nahdathul Ulama (NU) tetap berpegang pada pola pikir organisasi kemasyarakatan yang didirikan oleh Hadratussyekh H Hasyim Asyari tersebut.

“Tetapi PMII yang menginginkan kebebasan berpendapat secara keorganisasian sehingga independent dan terlepas dari kebijakan NU,” kata Elly seraya menambahkan bahwa semua itu sebagai wujud dari pola pikir IKA-PMII pula.

Elly juga menegaskan, sebagai organisasi yang beranggotakan intelektual yang berasal dari PMII, maka IKA-PMII tetap akan berpikiran kritis dalam menanggapi seluruh proses pembangunan baik di pemerintahan maupun di masyarakat.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangkaraya,  Ustaz Muhammad Robi’in, menginformasikan bahwa saat ini di Panti Asuhan Darul Tazkiah yang dibinanya terdapat 64 anak yatim piatu yang semua menjalani pendidikan dari taman kanak-kanak hingga bangku kuliah.

Diterangkan pula di Ponpes Hidayatullah tersebut terdapat sekolah dasar terpadu dengan 30-an guru, dan mereka semua bekerja dengan ikhlas mengharap ridho Allah SWT sehingga bekerja tanpa digaji.

“Alhamdulillah saat ini kami dapat terus melaksanakan kegiatan belajar baik tingkat TK maupun sekolah dasarnya. Termasuk saat ini dilakukan pembangunan Masjid As-Salam. Dalam pembangunan ini kami tidak mengharap atau meminta kepada siapapun, kami hanya meminta kepada Allah SWT,” kata Robi’in.

Dalam kegiatan buka puasa bersama itu, tausiyah disampaikan Ustaz Syamsul Bahri yang menggugah kader PMII dan anggota IKA-PMII untuk menumbuhkan rasa empati, sehingga makna puasa di bulan Ramadan ini dapat dilaksanakan dengan tepat.

Dalam kesempatan itu, IKA-PMII juga memberikan kenang-kenangan kepada pihak pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah yang disampaikan oleh Ketua IKA-PMII Kalteng Awaludin Noor.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.