Tokoh Balikpapan Sesepuh Hidayatullah Meninggal Dunia

Kamis, 01 Agustus 2013 15:23

Innalillahi wainnailaihiroji’un.  Mantan Walikota Balikpapan periode 1974-1981, Letkol Pol (Purn) HM Asnawi Arbain meninggal dunia. Pria yang juga dikenal sebagai salah satu sesepuh pesantren Hidayatullah ini menghembuskan nafas terakhir pada  Jumat (26/7/2013) sekitar pukul 17.12 Waktu Indonesia Tengah.

“Beliau wafat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Insya Allah besok (hari ini. Red) dimakamkan,” ujar salah seorang ustadz Hidayatullah Balikpapan, Fathun Qarib, kepada hidayatullah.com usai membesuk almarhum di kediamannya, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat malam.

Almarhum yang saat menjabat sempat meletakkan dasar-dasar pembangunan RSPB, wafat setelah menderita penyakit komplikasi. Menurut anak ke-8 beliau, Kusuma Palindi, sejak 1 Juli lalu, ayahnya memang menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit tersebut, demikian dikutip dari laman kaltim.tribunnews.com.

Awalnya disebabkan gejala sesak nafas, namun dari hasil diagnosa dokter ada gejala penyakit jantung dalam sakit yang diderita tersebut. Selama kurang lebih 26 hari menjalani perawatan, kondisinya memang tak banyak mengalami perubahan, bahkan untuk bernafas. Almarhum yang pada November nanti genap berusia 87 tahun harus dibantu dengan oksigen.

Seperti diketahui, semasa hidupnya Asnawi Arbain berperan penting dalam perjalanan Hidayatullah. Terutama di awal-awal berdirinya pesantren prakarsa (alm) KH Abdullah Said ini. Pada tahun 1976, Abdullah Said sedang membutuhkan lokasi calon pesantren yang tepat.

Saat itu Hidayatullah juga sempat dituding sebagai aliran sesat. Datanglah Asnawi Arbain untuk memastikannya. Bukannya melarang, beliau justru menunjuk tanah wakaf seluas lima hektar di Gunung Tembak, Balikpapan Timur sebagai lokasi yang cocok bagi pendirian Hidayatullah hingga lembaga ini bisa eksis dan terus melebarkan sayap dakwahnya hingga saat ini.(skr)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.