Jadikan Keluarga Sakinah Sebagai Ikon Pembangunan Nasional

Kantor Urusan Agama Islam (KUA) merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada masyarakat. KUA bersentuhan langsung dengan berbagai masalah di masuyarakat. Untuk itulah, keberadaan KUA menjadi sorotan sekaligus tolak ukur kualitas pelayanan dari Kementerian Agama.

Hal ini disampaikan Wamenag Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA pada perhelatan Pemilihan KUA Teladan dan Keluarga Sakinah Tingkat Nasional di Jakarta, 16-20 Agustus. Dalam pembukaan yang dihelat di Auditorium HM Rasjidi Gdm Kemenag JL MH Thamrin, hadir para pejabat eselon I dan II Kemenag, para peserta dari 33 provinsi dan tamu undangan.

Dalam laporannya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, DR. Muchta Ali, menegaskan, Pemilihan KUA teladan diikuti 33 kepala KUA dari seluruh Indonesi dan 33 pasang keluarga sakinah yang telah lolos dari seleksi tingkat privinsi. Selain mendorong motivasi dalam membangun KUA yang profesional, Acara ini diharapkan mampu mendotrong jajaran KUA untuk secara menyeluruh menerapkan reformasi birokrasi, terutama aspek tertib adminsitrasi,pelayanan prima dan profesionalisme.

Muchtar Ali menambahkan, KUA juga berperan besar dalam pembentukan keluarga sakinah. Selain melakukan pencatatan pernikahan, KUA juga melakukan pendidikan pra nikah kepada para calon pengantin. Di sinilah profesinalisme KUA dibutuhkan agar target pembekalan tercapai denhan baik.

Wakil Menteri Agama memberikan apresiasi yang besar terhadap kegiatan ini. Menurutnya, sudah saatnya keluarga sakinah menjadi ikon pembangunan nasional. Bahwa penguatan keluarga adalah unsur utama pembangunan nasional. “Keluarga sakinah bukan hanya memiliki ketahanan ekonomi,melain jugha ketahanan pendidikan, moralitas dan agama. Inilah sesunguhnya yang kini dibutuhkan bangsa Indonesia“, ujarnya.

Wamenag menambahkan, event ini sejalan dengan semanghat revitalisasi KUA senagai bagian dari reformasi birokrasi. Kementerian Agama kini fokus untuk melakukan revitalsiasi KUA melalui peningkatan sarana, infrastruktur, pelayanan prima dan tertib adminsitasim.

Pemilihan KUA teladan dan Keluarga Sakinah Teladan dirangkai dengan beberapa kegiatan kenegaraan,diantarnya upacara HUT RI di Istana Negara, silaturahim dengan Bapak Presiden RI dan berbagai kegiatan lainnya.(kangjeje/foto:bimasislam)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.