Dari Ciomas Bertekad Lahirkan Generasi Cerdas Relijius

hidayatullah ciomasHIDORID — Pondok Pesantren Hidayatullah Cabang Ciomas, Bogor, Jawa Barat, yang beralamat di Jalan Pasir Peundeuy, Kampung Cibinong RT 04/01 Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Ciomas Bogor, didirikan pada awal tahun 2012. Pencetusnya adalah Ustadz Budiman Sahid.

Ustadz Budiman Sahid adalah jebolan Pondok Pesantren Hidayatullah Cabang Depok pada tahun 1998. Di Depok, Budiman sempat menerima didikan dari sesepuh Hidayatullah Ustadz Usman Palese dan Ustadz Abdul Mannan yang kini sebagai Ketua Umum PP Hidayatullah.

Sebelumnya, di daerah Bogor telah berdiri 4 cabang Pesantren Hidayatullah yaitu cabang Parung, Kayumanis, Cibinong, dan Gunung Sindur. Salah satu donatur yang bersedia mewakafkan tanah untuk pembangunan Ponpes Hidayatullah Ciomas tersebut adalah Bapak H. Denny, warga Perum Taman Pagelaran Bogor.

Pada awalnya, beliau berkunjung ke salah satu pesantren di Bogor dan kemudian dari kunjungan tersebut beliau berniat mendirikan pesantren di daerah Ciomas. Setelah mencari tanah ke beberapa tempat dan atas bantuan ustadz Budiman, akhirnya dipilihlah Desa Pasir Peundeuy sebagai lokasi pembangunan pondok.
Luas lahan pesantren ini adalah 1635 m2 dan berada di kawasan jauh dari padat penduduk. Tidak hanya pondok untuk para santri, H. Denny juga berdonasi untuk pembangunan masjid yang alhamdulillah proses pembangunannya berjalan dengan lancar.

Kini Pesantren Hidayatullah Ciomas dibantu staf pengurus, yakni Ustadz Azka Rusli Rubama selaku ketua Pondok Pesantren Hidayatulllah yang juga alumni Pesantren Hidayatullah Depok. Saat ini kegiatan pondok memfokuskan pendidikan santri pada tingkat SMP dan SMA serta Kader Da’I Mandiri (KDM) dari kalangan dhuafa dan berprestasi, dan untuk biaya pendidikan digratiskan atau full beasiswa.

Kegiatan pendidikan telah cukup lama berlangsung dengan 10 orang santri, 4 santri bermukim dan sisanya pulang ke rumah dekat pesantren. Selain itu para staff juga rutin tiap hari Senin pagi mengadakan kajian dan tahsin Qiro’ah Qur’an dengan metode UMMI Dan MBA oleh Ust Komaruddin sala satu alumni Ponpes Hidayatullah Depok juga. Selain belajar formal, santri juga berkegiatan bercocok tanam dan kegiatan ekstrakulikuler lainya.

Untuk kurikulum, Hidayatullah Ciomas ini memadukan pesantren salaf dan pesantren modern. Sedangkan program utamanya adalah tahfidz Quran. Seluruh kegiatan atau biaya operasional sepenuhnya berasal dari para donatur baik secara insidentil atau pun secara rutin. Oleh karena itu, donasi dari kaum muslim sangat membantu program keummatan untuk lahirnya generasi muda yang bermanfaat untuk umat, agama, dan bangsa.

“Semoga kelak lembaga ini melahirkan ulama dan intelektual muslim yang cerdas, relijius, dan bermanfaat untuk umat dan bangsa,” harap Budiman. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.