BLPH Bantu Individu dan Korporasi untuk Terus Berinovasi

blph ilustrasiHIDORID — Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan jasa Pemeriksaan psikologis khususnya bagi siswa di Sekolah dan juga masyarakat secara umum, Pesantren Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur, mendirikan lembaga konsultan psikologi bernama Biro Layanan Psikologi Hidayatullah (BLPH).

Diantara layanan yang diberikan BLPH adalah mengidentifikasi dengan baik adanya perbedaan potensi secara proporsional (multiple intelligence bukan mono intelligence), mencari dan memberikan informasi penyebab kesulitan belajar, kesulitan penyesuaian diri yang mungkin dialami oleh anak.

Menurut Ketua BLPH Muhammad Khoirur Rozikin, S.Psi, dari upaya identifikasi yang dilakukan lalu kemudian dilakukan arahan terhadap minat dan mengembangkan bakat-bakat yang dimiliki anak, sehingga memudahkan guru dalam mengarahkan, membimbing anak untuk menekuni bidang pembelajaran yang sesuai dengan potensi yang dimiliki, karena tidak semua anak mampu menguasai semua bidang studi dengan baik.

“Kami juga membuka jasa pemeriksaan psikologis bagi kayawan di industri dan organisasi kegiatan pemeriksaan psikologis bagi karyawan,” kata Rozikin belum lama ini.

Pemeriksaan terhadap psikologi karyawan, kata dia, akan membantu organisasi untuk melakukan seleksi, dengan memilih individu-individu yang memenuhi persyaratan psikologis tertentu sesuai dengan tuntutan deskripsi pekerjaan (job description) dan menempatkan karyawan pada bidang tugas yang sesuai dengan potensi kemampuan yang dimilikinya.

Selain itu, juga dalam rangka menggali potensi karyawan secara individual dalam kaitannya dengan penempatan, mutasi, pelatihan, dan pengembangan karyawan.

Saat ini BLPH juga telah melayani jasa pelatihan (training) pengembangan diri yang meliputi training pengembangan kemampuan diri seperti aspek knowledge yang meliputi kegiatan transfer pengetahuan melalui kegiatan seperti seminar dan workshop, pengembangan kompetensi seperti communication skill, postur and gestur skill, dan aspek Ability yang mencakup team building, stress management, leadership training, achievement motivation training, dan characther building.

BLPH adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa pelayanan psikologi di bawah naungan Yayasan Pondok Pesanten Hidayatullah Surabaya. BLPH dilaunching pada tanggal 14 Februari 2010 lalu oleh Walikota Surabaya Bambang Dwi Hartono dan Ketua Pesantren Hidayatullah Surabaya Ustadz H. Miftakhudin, M.Si.

Biro Layanan Psikologi Hidayatullah memiliki fokus tujuan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang digawangi para pakar yang handal di bidangnya. Dengan mengetahui potensi dan karakter seseorang merupakan faktor kunci dalam pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut.

Pengetahuan akan psikologi ini, jelas Rozikin, akan sangat membantu dalam menempatkan dan mengembangkan individu sesuai dengan potensi yang dimilikinya untuk memenuhi tuntutan ”The right man in the right place”. 

“Semoga ilmu dan pelayanan psikologi yang sangat dibutuhkan oleh semua pihak ini dapat berguna bagi semua individu agar dapat menikmati hidup yang indah ini dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya,” tandas Rozikin. (ybh/hio)

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.