Hidayatullah Balikpapan Kerjasama ToraniFood Dukung Program KKP

Salah seorang peserta mendapatkan hadiah dari ToraniFood Balikpapan

Salah seorang peserta mendapatkan hadiah dari ToraniFood Balikpapan

HIDORID — Dalam rangka upaya Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan kemampuan anggota masyarakat, khususnya pelaku utama kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program unggulan pembentukan dan pengembangan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP).

Mendukung program kemandirian dari pemerintah tersebut, belum lama ini RM Torani menggandeng Pesantren Hidayatullah Balikpapan menggelar pelatihan pengelolaan tataboga ikan bandeng yang dilaksanakan secara paralel sebanyak 2 angkatan yaitu angkatan 5 dan 6 sejak tanggal 20 s.d 23 Agustus 2013 dengan jumlah peserta 20 orang masing-masing angkatan berjumlah 10 orang yang seluruhnya berasal dari Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat Balikpapan.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari dirasakan sangat bermanfaat bagi peserta terlihat dari minat peserta yang cukup besar bahkan melebihi target dan harus diseleksi lagi agar sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

Pelatihan pengolahan dan pemasaran ikan bandeng ini dilaksanakan di salah satu lokasi milik Torani Food Restoran yang juga sebagai lokasi P2MKP dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta pelatihan terhadap pengolahan bandeng tanpa duri dan diversifikasi olahannya.

Materi-materi yang diberikan meliputi, membuat bandeng tanpa duri, membuat bakso bandeng, nugget bandeng dan bandeng crispy. Selain itu peserta juga dibekali dengan materi PMMT untuk mengetahui mutu ikan dan penanganannya, mengemas produk olahan bandeng, pemasaran hasil olahan bandeng dan kewirausahaan.

Salah seorang peserta dari Pesantren Hidayatullah, Ustadz Safar Maspul, mengatakan ternyata tidak gampang mencabut duri bandeng bila tidak tahu posisi durinya ada di mana dan berapa jumlah duri yang ada di badan ikan bandeng.

Pengelola P2MKP “Torani Food” Sundusing Madya dalam sambutannya saat menutup kegiatan pelatihan ini menyatakan terima kasih kepada KKP melalui Balai Diklat Perikanan karena sudah memberikan kesempatan kepada Torani Food untuk eksis ditengah masyarakat dengan bermitra untuk melaksanakan kegiatan mandiri dibidang pengolahan ikan khususnya bandeng, dan telah merealisasi permintaan untuk melatih para pelaku utama di Kota Tarakan yang selama ini menjadi pemasok Ikan Bandeng Tanpa Duri Ke Torani Food.

“Kebutuhan ikan bandeng untuk Torani Food Balikpapan saja setiap hari mencapai sampai 450 kilo gram, belum lagi untuk memenuhi permintaan ke Jakarta dan kota lainnya yang setiap bulan baru bisa dikirim 1,5 ton dari permintaan sebanyak 5 ton,” beber dia.

Seperti diketahui, Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) adalah lembaga pelatihan/permagangan di bidang kelautan dan perikanan yang dibentuk dan dikelola oleh pelaku utama maju di bidang kelautan dan perikanan baik perorangan maupun kelompok. P2MKP adalah wujud partisipasi dan keswadayaan masyarakat dalam pengembangan sumberdaya manusia melalui pelatihan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Saat ini Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur menjadi kawasan sentra pengolahan hasil perikanan termasuk bandeng, dalam rangka menindaklanjuti kegiatan KKP untuk memasyarakatkan perikanan di lingkungan Pondok Pesantren sebagai pencetak generasi muda muslim yang terlatih. (ybh/hio/kkp)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.