Rekonstruksi Masjid Pasca Terbakar, Pemkot Balikpapan Kucurkan Bantuan Dana

Masjid Al Amin Hidayatullah Karang Bugis usai terbakar

Masjid Al Amin Hidayatullah Karang Bugis usai terbakar

HIDORID — Berkat perjuangan Wali Kota HM Rizal Effendi SE serta persetujuan Ketua DPRD H Andi Burhanuddin Solong, Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana total Rp1,05 miliar melalui APBD Perubahan 2013 untuk Pondok Pesantren (Pontren) Hidayatullah. Dana Itu terdiri dari Rp300 juta untuk pembangunan Masjid Al Amin Hidayatullah Karang Bugis, serta Rp750 juta sisanya bantuan untuk kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas).

“Untuk Hidayatullah sendiri, Pemkot melalui APBD Perubahan 2013 telah mengalokasikan bantuan dana sebesar Rp1,05 miliar. Sebanyak Rp300 juta di antaranya, diperuntukkan untuk membantu pembangunan masjid Al Amin milik Hidayatullah di Karang Jati,” terang Rizal Effendi.

Sabtu (9/11) lalu, wali kota menerima kunjungan tiga orang pengurus Pesantren Hidayatullah sekaligus panitia pembangunan masjid Al Amin di rumah jabatan wali kota.  Mereka adalah Ustadz Zainudin Musaddad, Rusli serta Ustadz Mustafa.  “Selain silaturahim, mereka melaporkan progres pembangunan masjid Al Amin yang sudah mencapai 70 persen,” ujar Rizal.

Selain itu, panitia mengundang wali kota untuk menghadiri acara penggalangan dana penyelesaian proyek pembangunan masjid Al Amin, Ahad (10/11) lalu. Namun hari Ahad itu wali kota Rizal harus menjadi inspektur upacara peringatan 10 November, sehingga tidak bisa hadir dalam acara penggalangan dana tersebut.

Tentu pembaca masih ingat, masjid Al Amin dibangun kembali setelah pada Selasa 14 Oktober 2012 silam ludes dilalap si jago merah. Selain bangunan masjid, api melalap dan menghanguskan 12 kamar asrama santri di area Pontren Hidayatullah, Jalan Karang Bugis, Kelurahan Karang Jati Balikpapan Tengah.

Kembali soal bantuan dari Pemkot, Wali Kota Rizal berharap, kucuran dana Rp300 juta tersebut dapat membantu mempercepat selesainya pembangunan masjid. Ditanya soal bantuan dana lainnya untuk Hidayatullah, wali kota menyebutkan, sebesar Rp750 juta dialokasikan untuk membantu Silatnas. Event yang diikuti 6.000 peserta di Pontren Hidayatullah kampus pusat Gunung Tembak itu berlangsung pada 20 hingga 24 Juni 2013.

Berbagai acara digelar, mulai diskusi umum tentang ekonomi keumatan, diskusi umum masalah-masalah kebangsaan, dakwah, politik, hingga seminar soal poligami. Para peserta berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Sejumlah tokoh nasional pun hadir di antaranya, Ketua KPK Abraham Samad, Ketua KAHMI Mahfud MD (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi), dan lainnya.

Lantas kapan bantuan dana total Rp1,05 miliar itu bakal diserahkan? Ditanya begitu, Wali Kota Rizal menjelaskan pihaknya sudah menjadwalkan penyerahan dilakukan saat Safari Subuh Jumat, 15 November mendatang.

“Semoga dana Rp1,05 miliar bantuan Pemkot itu dapat dipergunakan sebaik mungkin oleh pengurus Hidayatullah, bermanfaat bagi pengembangan pondok pesantren dalam melahirkan insan-insan berkualitas serta marilah secara bersama-sama kita mewujudkan Balikpapan sebagai Kota Madinatul Iman,” imbau wali kota.(yud/bp/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.