Sidang Pleno Hidayatullah Agendakan Fokus Pengembangan SDM

Suasana saat rapat komisi Sidang Pleno berlangsung (FOTO: Mahladi)

Suasana saat rapat komisi Sidang Pleno berlangsung (FOTO: Mahladi)

HIDORID — Pimpinan Pusat (PP) dan Dewan Syura Hidayatullah menggelar Sidang Pleno selama 4 hari di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat. Acara dibuka pada hari Rabu lalu dan rencanannya ditutup Sabtu (23/11/2013) esok.

Tema besar yang diangkat dalam Sidang Pleno Hidayatullah ini adalah “Memperkokoh Jamaah Membangun Peradaban Islam”. Sidang pleno ini sendiri adalah gaweannya PP Hidayatullah di setiap akhir tahun untuk evaluasi program dan perencanaan program setahun mendatang.

Sekjen PP Hidayatullah Ir Abu ‘Ala Abdullah, mengatakan tema memperkokoh jamaah membangun peradaban Islam menjadi bahasan utama dalam pleno kali ini dalam kaitannya dengan program PP Hidayatullah setahun mendatang yang akan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Pleno ini mengagendakan fokus peningkatan sumber daya manusia setahun mendatang yang mainstreamnya adalah tarbiyah dan dakwah,” kata Ir Abu ‘Ala Abdullah kepada media ini disela-sela acara sidang, Jum’at (22/11/2013).

Selain itu, lanjut Abu, tradisi hidup berkampus atau lebih populer saat ini “Hidayatullah Back to Campus”, juga menjadi bahan fokus kajian. Ia menjelaskan, hidup berkampus meskipun tidak tinggal di dalam kampus adalah follow up dari Piagam Gunung Tembak yang diterbitkan pada acara Silatnas Hidayatullah di Balikpapan, Juni 2013 lalu. .

“Pada prinsipnya seluruh jamaah Hidayatullah harus berkampus dalam arti melaksanakan kultur kultur yang ada di kampus,” jelasnya.

Selain itu, Ustadz Abu menerangkan, kampus setiap Pesantren Hidayatullah adalah swaka generasi dan miniatur peradaban Islam. Sehingga hal hal pokok yang kaitannya dengan masalah syariah, ibadah, dan muamalah, harus mencerminkan nilai nilai dasar kampus itu walaupun tinggalnya tidak di dalam kampus.

“Menjalankan kultur pesantren di mana pun berada baik di tengah masyarakat dan di dalam rutinitas pekerjaannya,” pungkas pria yang selalu ramah ini. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.