Islamic Medical Service Terjun ke Lokasi Banjir Jakarta

Kondisi banjir di Kampung Melayu / Imron Faizin

Kondisi banjir di Kampung Melayu / Imron Faizin

Hidayatullah.cor.id — Lembaga layanan kesehatan nasional yang berada di bawah koordinasi ormas Hidayatullah, Islamic Medical Service (IMS) terjun ke lokasi banjir di sejumlah titik di ibu kota Jakarta.

Daerah Kampung Melayu yang juga merupakan kedudukan lembaga ini tak luput dri terjangan banjir. Air kiriman dari Bogor ditambah dengan curah hujan sepanjang hari (12/13) membuat air menggenangi pemukiman warga.

Pantauan tim IMS di lapangan, dilaporkan ketinggiian air bekisar 1-2 meter. Kondisi ini membuat aktivitas warga sangat terganggu. Warga sama sekali tidak menduga akan datangnya air yang tiba-tiba.

Tidak seperti tahun-tahun seblumnya jika akan tiba air kiriman, warga akan mendapat info telebih dahulu. Kali ini tidak, di tengah sedang terlelap datanglah air yang langsung merendam rumah beserta isinya.

“Sebagian besar warga tidak bisa menyelamatkan barang yangg ada. Hal ini dikarenakan air tiba pada dini hari. Warga hanya menyelamtkan diri dan keluarga, hanya baju di badan yang melekat,” kata salah seorang relawan IMS Center di lapangan, Imron Faizin, kepada media ini kemarin.

Akibat banjir Jakarta yang datang usai diguyur hujan selama 2 hari berturut-turut membuat sebagian besar warga mengungsi ke sekolahan di Kampung Melayu yang sementara waktu diliburkan. Namun tidak sedikit yang memilih untukk bertahan di lantai 2 rumah mereka demi menjaga harta benda.

“Kebutuhan mendasar para korban banjir adalah makanan siap saji, air mineral, selimut, pakaian, alas tdur, susu bayi, perlengkapan bayi serta obat-obatan,” Imron melalui saluran telepon.

Imron menyebutkan, sebagian besar pengungsi terkena penyakit gatal, demam, dan luka-luka karena tekena benda tajam yang tak terlihat karena ketinggian banjir.

Pada aksi di hari pertama lalu puluhan pengungsi datang ke posko kesehatan IMS. Sebagian besar mengaku masih mbutuhkan makanan, minuman dan pakaian. Jadi antusias masyarakat untuk berobat masih sangat minim.

Pada hari ke 2 banjir Jabotabek, IMS menerjunkan team medis di beberapa tempat di antaranya di Pondok Gede Permai. Sampai saat ini team medis terus memberikan pelayanan kesehatan di Masjid Al-Ikhlas Pondok Gede Permai.

“Tercatat sampai saat ini 94 orang yang melakukan pemeriksaan dan pemberian obat oleh team medis IMS,” lapor Imron dari lokasi posko.

Muhammad Amin selaku ketua RW 8 setempat mengaku sangat antusias menyambut team IMS, dan langsung mengkoordinir dan menginformasikan ke warganya lewat pengeras suara di masjid. Amin juga mendatangi warga ke rumah rumah memberikan informasi pelayanan keshatan IMS.
Team IMS yang terjun di Pondok Gede brjumlah 6 orang terus memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Sampai saat ini masyarakat terus brdatangan dan memdaftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan. (pr/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.