Hidayatullah Medan Terima Hibah Tanah untuk Pesantren

Kerjabakti santri di tanah hibah

Kerjabakti santri di tanah hibah

Hidayatullah.or.id — Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, mendapat hibah tanah seluas 800m2 di bilangan Mareland Medan, kurang lebih berjarak 40 km dari Kampus Utama Tanjung Morawa.

Ketua Yayasan Hidayatullah Medan Ustadz Choirul Anam, mengatakan hibah tanah tersebut berasal dari seorang dermawan Muslim di kota tersebut bernama H. Mintar Sandi. Ia adalah seorang simpatisan dan donatur tetap Pesantren Hidayatullah Medan yang sehari- harinya bekerja sebagai nahkoda kapal angkutan barang dan batubara.

Sudah lama Haji Mintar ingin menghibahkan tanah tersebut untuk pengembangan Pondok Pesantren Hidayatullah Medan yang menyantuni dan memberikan layanan pendidikan cuma cuma untuk ratusan anak tidak mampu ini.

“Letaknya cukup strategis, di daerah yang sudah masuk dalam rencana pengembangan kota, dikelilingi kampung–kampung yang padat penduduk dan mayoritas adalah kaum muslimin,” kata Choirul Anam dalam keterangannya pada Hidayatullah.or.id, ditulis Selasa (28/01/2014).

Beliau menambahkan, di tanah hibah tersebut belum berdiri lembaga pendidikan Islam yang sangat dibutuhkan masyarakat.
Sehingga ke depan, kata dia, di lokasi ini akan didirikan lembaga pendidikan Pondok Pesantren Hidayatullah.

“Apalagi saat penyerahan lahan tersebut Bapak kepala desanya mengatakan sangat menunggu kehadiran Pesantren Hidayatullah di sana,” ujar Anam.

Meskipun lahan ini hanya 800m2, namun di kanan kiri masih banyak tersedia lahan kosong yang siap dijual.

Pihaknya berharap ada kaum muslimin yang berkenan membantu pengembangannya yang masih sangat memungkinkan untuk diperluas sehingga memenuhi target luasan minimal sebuah kampus pendidikan yang memadai yaitu 10 ha.

“Lahannya sangat subur sehingga untuk sementara bisa diberdayakan dengan tanaman produktif seperti jagung dan penanaman Ubi mukibat,” pungkas Anam yang ikut bekerja bakti bersama santrinya di lokasi ini Ahad lalu. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.