Manfaatkan Majelis Maulid Nabi untuk Raih Ilmu dan Eratkan Silaturrahim

Suasana Maulid Nabi di Kantor Kemenag Bintan / Kemenag

Suasana Maulid Nabi di Kantor Kemenag Bintan / Kemenag

Hidayatullah.or.id — Berbicara di hadapan jamaah acara Maulid Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam di Majsid Al Muhajirin, Komplek Kantor Kemenag Bintan, Riau, pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Bintan, Ustadz Maidin, berpesan agar kaum Muslimin menjadikan majelis maulid Nabi sebagai wadah untuk menuntut ilmu dan membangun silaturrahim.

Maidin mengatakan, tujuan utama dari peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam adalah mempertemukan seluruh umat Islam dalam sebuah kegiatan yang di dalamnya terdapat majlis ilmu yang bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang agama Islam.

“Mungkin sebagian dari saudara-saudara kita ada yang menganggap peringatan semacam maulid Nabi ini sebagai perbuatan yang mengada-ngada. Namun, tujuan kegiatan ini jelas untuk mempererat ukhuwah Islamiyah serta merupakan sebuah majelis yang di dalamnya terdapat banyak ilmu agama yang disampaikan,” tutur Maidin saat memberi taushiah dalam acara maulid yang diikuti seluruh pejabat dan pegawai Kemenag Bintan Jum’at pekan lalu, ditulis Kamis (30/01/204).

Lebih lanjut, pimpinan Pondok pesantren Hidayatullah Bintan ini mengharapkan agar seluruh umat Islam bisa mengamalkan sunnah Nabi SAW.

“Mari kita berusaha untuk selalu mengamalkan sunnah baginda Rasul SAW. Mungkin kita tidak mampu untuk mengikuti seutuhnya sunnah baginda, akan tetapi setidaknya kita selalu berusaha untuk menjalankan setiap sunnahnya,” terang ustad Maidin.

Seraya juga mengatakan mengatakan bahwa salah satu sunnah nabi adalah membangun silaturrahim dengan segenap manusia tanpa pandang bulu dari kelompok mana pun dari ummat ini serta kewajiban shalat berjamaah di masjid, dan hal itu dilakukan oleh Nabi Muhammad setiap hari, bahkan dalam keadaan sakit sekalipun.

Selanjutnya acara maulid Nabi ini ditutup dengan doa yang juga dipandu oleh ustadz Maidin. Setelahnya, para hadirin disuguhkan dengan makanan yang telah disediakan oleh pengurus mushalla.

Jum’at (24/1) pekan lalu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H. Kegiatan ini dilaksanakan di mushalla Al Muhajirin Kantor Kemenag Bintan dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Bintan.

Acara dimulai dengan bacaan barzanji bersama yang dipandu oleh Drs. H. Ahmad Husen, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Bintan. Suasana menjadi lebih khidmat mengingat seluruh hadirin membaca kitab barzanji secara bergantian.

Acara selanjutnya, pengukuhan pengurus mushalla al Muhajirin Kantor Kemenag Bintan oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan. Dalam pengarahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan Drs. H. Erizal, MH mengucapkan selamat kepada pengurus mushalla yang baru dikukuhkan.

Erizal berharap agar pengurus mushalla dapat menghidupkan mushalla al Muhajirin dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Selanjutnya Kankemenag mengungkapkan peringatan maulid Nabi ini bukan sekedar ceremony. Namun tujuan memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW ini dalam rangka memantapkan keinginan untuk selalu menauladani baginda Rasul SAW serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“Spirit untuk mengetahui sejarah Nabi inilah yang paling perlu kita ambil dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW,” ujar Kepala Kankemenag Bintan seraya mengungkapkan sejarah Nabi Muhammad dapat dilihat dalam untaian-untaian kata pada kitab al-barzanji yang telah dibacakan di awal kegiatan ini.

Kepala Kankemenag Bintan ini menambahkan, seluruh aspek kehidupan pada diri Rasulullah itu harus diteladani, karena Muhammad merupakan uswatun hasanah, yakni suri tauladan yang paling baik. (kem/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.