Hidayatullah Uncang Tuan Rumah Kemah Pramuka

Bari berbaris di Kampus II Hidayatullah Tanjung Uncang, Riau / HTU

Bari berbaris di Kampus II Hidayatullah Tanjung Uncang, Riau / HTU

Peserta kemah sedikit kewalahan mendirikan tenda karena angin yang bertiup berarak-arak / HTU

Peserta kemah sedikit kewalahan mendirikan tenda karena angin yang bertiup berarak-arak / HTU

Hidayatullah.or.id — Untuk yang pertama kali Kampus 2 Hidayatullah Tanjung Uncang menjadi tuan rumah acara Perkemahan siswa-siswi SD Islam Integral Luqman Al Hakim kampus 1 Batu Aji Batam.

Acara yang digelar pada hari sabtu hingga Ahad (22-23/2/2014) lalu itu diikuti oleh 330 siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD.

Tepat pulul 14.00 wib siswa datang dengan diantar oleh orangtua masing-masing, dilanjutkan dengan mendirikan tenda oleh masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh 1 orang pendamping dari siswa SMA Integral Hidayatullah Batam.

Lokasi pendirian tenda antara siswa laki-laki dan perempuan terpisah. Angin yang berhembus kencang membuat kesulitan bagi siwa sehingga perlu sedikit tenaga ekstra untuk medirikan tenda.

Acara pembukaan dimulai setalah melaksanakan shalat Ashar dan bertindak sebagai pembina upacara adalah Ustadz Sumarno, kepala bidang pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Batam.

Dalam kesempatan tersebut Sumarno menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan menjalin tali silaturrahim serta memberikan pembinaan kemandirian dan mental bagi siswa.

Ustadz Sumarno memberikan taushiah pentingnya ikatan persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah. Untuk itu, ia menerangkan, sebagai anak didik dari Pesantren Hidayatullah, para peserta didik ini harus menjaga akhlak dan hubungan yang baik kepada siapa pun dan di mana pun.

“Jadikan kegiatan ini sebagai wadah tafakkur bahwa betapa pentingnya saling tolong menolong dan hidup bersama dalam satu ikatan persaudaraan,” pesan Ustadz Sumarno kepada pesrta kemah.

Ia mendorong agar kegiatan kemah seperti ini kelak dapat menjadi kegiatan nasional untuk anak-anak usia sekolah dasar di sekolah-sekolah ormas Hidayatullah. Selain harapannya akan membentuk karakter anak menjadi berjiwa sosial, juga diharapkan menjadi wadah silaturrahim anak-anak Indonesia.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah, wirid, makan malam dan shalat Isya berjamaah serta beberapa kegiatan sambil membuat api unggun dilapangan utama.

Tepat pulul 03.30 siswa bangunkan dari tidurnya untuk melaksnakan shalat tahajjud secara berjamaah dan shalat shubuh.

Usai shalat shubuh siwa melaksanakan senam pagi, sarapan dan kegiatan jelajah hutan sesuai dengan kelompoknya.

Kegiatan yang berakhir pada hari Ahad pukul 10.00 wib siswa bergegas untuk pulang yang dijemput oleh orangtua masing-masing. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.