Asrama Santri Hidayatullah Tanjung Selor Diresmikan

Asrama santri Ponpes Hidayatullah Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan / RTK

Asrama santri Ponpes Hidayatullah Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan / RTK

Hidayatullah.or.id — Pembangunan asrama putra Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah telah rampung akhir Maret lalu, sehingga April ini sudah bisa diresmikan. Bahkan, sudah dijadwalkan oleh pihak ponpes yang berada di Jalan Jelarai Selor ini untuk diresmikan langsung Bupati Bulungan H. Budiman Arifin.

Pimpinan Ponpes Hidayatullah Nur Yahya Asa mengatakan, bangunan yang terdiri dari enam kamar dan bisa menampung sekitar 70 santri itu merupakan bantuan sepenuhnya dari Pemkab Bulungan dengan anggaran sebesar Rp 1,850 miliar.
Oleh karena itu, pihak ponpes sangat berharap bupati bisa meresmikan langsung di awal April ini.

Yahya sendiri berharap dengan rampungnya pembangunan asrama yang dikerjakan sejak 2012 itu bisa memberikan pelayanan dan pengawasan yang lebih maksimal terhadap para santri, karena juga akan dilengkapi langsung dengan tim pengasuh. Berbeda dengan asrama yang ada sekarang terpisah-pisah sehingga pengawasan tidak bisa maksimal.

Disamping itu, kata dia, asrama yang lama juga sudah tidak layak lagi sehingga perlu adanya asrama yang lebih representatif apalagi Tanjung Selor saat ini sudah menjadi ibu kota provinsi Kalimantan Utara dan keberadaan pondok pesantren yang dipimpinnya ini berada di sekitar jalan protokol.

“Jadi perlu dibangun yang refresentatif. Santri yang tinggal di asrama saat ini ada sekitar 60 santri. Tahun ajaran baru nanti kami akan menerima lagi sekitar 45 santri,” kata Yahya.

Dia melanjutkan untuk tahun ini, pihak pesantren sedang berfokus untuk melakukan rekonstruksi masjid yang rutin digunakan santri dan warga masyarakat untuk kegiatan kepesantrenan dan shalat berjamaah. Karena, keberadaan mushalla yang ada sekarang ini dianggap sudah tidak refrsentatif lagi terutama dari segi daya tampung. (rdt/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.