Hidayatullah Kolaka Hadirkan Kampung Arab English Camp

Rombongan peserta Arab English Camp Hidayatullaj Kolaka saat roadshow ke wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya / HKL

Rombongan peserta Arab English Camp Hidayatullaj Kolaka saat roadshow ke wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya / HKL

Sejumlah peserta program Arab English Camp berfoto di Kampus Hidayatullah Kolaka

Sejumlah peserta program Arab English Camp berfoto di Kampus Hidayatullah Kolaka

Hidayatullah.or.id — Berita gembira buat warga Hidayatullah berdomisi di Sulawesi Tenggara dan sekitarnya yang ingin mahir bahasa asing. Pasalnya, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, memiliki tempat khusus yang sangat strategis dan fokus dalam mempelajari Bahasa Arab dan Inggris yang disebut Kampung.

Program ini digagas dan dirintis oleh Ustadz Alfitrah Piama, Lc, yang sekaligus menjadi Direktur Camp. Program ini terbilang unggul karena didukung dengan SDM yang luar biasa, juga sarana dan prasarana yang memadai seperti menggunakan kurikulum LIPIA dan Kampung Inggris Pare.

Tenaga pengajarnya berasal dari alumni LIPIA dan Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, serta berada di atas lokasi seluas 8 hektar. Nama lembaga ini adalah Hidayatullah Arabic & English Camp.

“Alhamdulillah, sekarang ini Hidayatullah Arabic English Camp sudah memasuki angkatan kedua,” kata Alfitrah kepada Hidayatullah.or.id, Kamis (10/04/2014).
Alfitrah menjelaskan, peserta didik di periode pertama berjumlah peserta 45 orang dan angkatan kedua 78 orang. Mereka semua adalah utusan Hidayatullah dari setiap daerah di Sulawesi Tenggara.

Selama lima hari lalu dari tanggal 2-7 April 2014, rombongan Hidayatullah Arabic & English Camp mengadakan tour ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan untuk mensosialisasikan program ini karena Insya Allah bulan depan, Mei 2014, akan dibuka lagi untuk periode ketiga.

Dijelaskan Alfitra, lama pendidikan program bahasa ini selama 3 bulan dan terbuka untuk semua kader Hidayatullah khususnya Indonesia Timur. Pihaknya menargetkan peserta periode ketiga 80 orang yaitu 40 peserta untuk Arabic Camp dan 40 untuk English Camp.

Camp ini didirikan tahun 2013, termasuk salah satu program unggulan Pimpinan Wilayah (PW) Hidayatullah Sultra, dan merupakan amal usaha Departemen Pendidikan Wilayah Hidayatullah Sultra bekerja sama dengan Hidayatullah Kabupaten Kolaka.

Tujuan Camp ini didirikan adalah untuk mencetak ribuan kader Hidayatullah untuk mampu menguasai Bahasa Arab dan Inggris dengan sistem cepat.

Direktur Camp Ustadz Alfitrah Piama, Lc sendiri adalah pengajar bahasa Arab dan Inggris yang sangat mumpuni dan telah lama malang melintang di dunia kependidikan bahasa. Alfitrah adalah alumni LIPIA Jakarta dan lulusan Kampung English Pare, Kendiri.

Sebagai pengajar, Alfitrah yang diamanahi memimpin program bahasa ini pernah juga mengajar di TEST English School Pare serta perintis model pendidikan Arab & English untuk Boarding School di dua cabang Hidayatullah di Bogor.
Dia menargetkan semua kader Hidayatullah bisa Berbahasa Arab dan Inggris. Adapun beberapa kelebihan bergabung di Hidayatullah Arabic dan English Camp adalah tenaga pengajarnya alumni dari LIPIA dan Kampung English Pare, menggunakan kurikulum LIPIA dan Kampung English Pare, Arabic dan English Area yang paling ketat, disiplin, dan sangat luas.

Selain itu, sistem belajar alam sehingga suasana pembelajaran sangat menyenangkan. Jangka waktu belajar hanya 3 bulan, setelah itu bisa langsung mengajar Arab dan Inggris di kampus Hidayatulah masing-masing. Sistem pembelajarannya lebih banyak menggunakan multimedia di dalam pembelajaran (menggunakan LCD) dan praktik di lapangan.

“Dan tentu saja kultur Hidayatullah tetap kuat dan terjaga karena tenaga pengajar adalah kader-kader Hidayatullah,” tandas Alfitrah. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.