Tumbuhkan Etos Kemandirian Santri Melalui Pelatihan

Kreatifitas di dtand Bazaar SMP Putri Hidayatullah Tanjung Uncang / ITGB

Kreatifitas di dtand Bazaar SMP Putri Hidayatullah Tanjung Uncang / ITGB

Stand Bazaar SMP Putri Hidayatullah Tanjung Uncang / ITGB

Stand Bazaar SMP Putri Hidayatullah Tanjung Uncang / ITGB

Hidayatullah.or.id — Dalam rangka menanamkan etos kemandirian dan berwirausaha bagi santriwati, Hidayatullah Islamic Boarding School Tanjung Uncang Batam belum lama ini menyelenggarakan kegiatan bazar santri sebagai bentuk latihan (training) rutin bagi santri untuk membangun kultur mandiri.
Acara yang berlangsung semarak dirangkai dengan penerimaan raport UTS Genap tahun pelajaran 2013/2014 untuk tingkat SD dan SMP Hidayatullah Tanjung Uncang.

Kegiatan Bazar yang digelar di teras sekolah ini diikuti oleh seluruh santriwati dan mahasantri Hidayatullah Islamic Boarding School Tanjung Uncang yang terbagi dalam 14 stand.

Kepala sekolah Ustadz Sumarno M.Pd.I dalam sambutannya di hadapan orangtua santri dan ratusan hadirin mengatakan bahwa kegiatan bazar ini sebagai upaya dalam menubuhkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian pada diri anak didik, karena kekuatan ekonomi merupakan salah satu elemen dari kekuatan umat Islam.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setahun dua kali, dan jualan yang mereka jajakan murni karya para santri,” kata Sumarno dalam keterangan tertulisnya kepada media ini, ditulis Senin (14/04/2014)

Walaupun dalam kondisi hujan mengguyur sekitar wilayah Tanjung Uncang, tidak menyurutkan semangat para santri untuk mengikuti kegiatan ini dan menjajakan dagangannya baik kepada sesama santri maupun pengunjung stand yang mayoritas adalah orang tua dan wali santri serta masyarakat sekitar. Adapuan jenis dagangan yang ada bervariasi mulai dari makanan, minuman dan busana muslimah, pernak-pernik kebutuhan keseharian lainnya.

Dalam bazar ini harga yang ditawarkan oleh masing-masing stand beragam, untuk makanan dan minuman mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 10.000, sedangkan untuk busana muslimah dan perangkat kebutuhan primer mulai dari Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000. (yhb/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.