Guru Besar Unibraw Dorong Hidayatullah Bangun Budaya Mencatat

Ketua STIE Hidayatullah, Dr Abdul Mannan, MM, berjabat tangan dengan salah satu tim asesor dari BAN-PT / HDD

Ketua STIE Hidayatullah, Dr Abdul Mannan, MM, berjabat tangan dengan salah satu tim asesor dari BAN-PT / HDD

Hidayatullah.or.id — Guru besar Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA, mendorong Hidayatullah untuk memperhatikan dokumentasi dengan dimulai membangun budaya menulis atau mencatat. Sebab menurutnya, budaya Indonesia umumnya masih terpasung pada budaya bertutur, sementara budaya menulis tidak terbangun.

Hal itu disampaikan Profesor Agus Suman saat berkunjung ke Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat, sekaligus menjadi tim asesor Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah (STIEHID) Depok, baru baru ini.

Agus menilai, Hidayatullah sebagai ormas besar dengan berbagai program keummatan, harus selalu aktif mencatat dan mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan perjalanannya karena data tersebut akan sangat dibutuhkan di masa mendatang.

“Seperti program KKN (praktik kerja lapangan) yang dilakukan mahasiswa STIE Hidayatullah selama delapan bulan di masjid-masjid, ini saya pikir sangat luar biasa dan baru satu-satunya. Tapi sayang sekali itu tidak didokumentasikan, tidak ditulis,” katanya di Depok.

Agus menilai metode pendidikan yang diterapkan STIE Hidayatullah dengan menerapkan beasiswa penuh (full board) serta ikatan dinas jaminan kerja setelah lulus, merupakan terobosan STIE Hidayatullah yang patut diapresiasi.

“Kalau dikatakan sempurna, tidak, tapi terus terang ini sangat baik sekali. Karena kesempurnaan itu hanya punya pemilik-Nya,” pungkas dia.

Sementara itu Ketua STIE Hidayatullah, DR. Abdul Mannan, SE, MM dalam sambutannya menjelaskan sejarah Hidayatullah dan STIE Hidayatullah Depok. Beliau menyampaikan terimaksih yang sedalam-dalamnya kepada tim asesor BAN-PT yang telah datang mengunjungi Kampus STIE Hidayatullah.

Tim asesor yang diwakili Profesor Agus di kesempatan tersebut menjelaskan maksud dan tujuan dalam mengkonfirmasi borang akreditas yang sudah disampaikan STIE Hidayatullah kepada BAN-PT, apakah sesuai atau tidak.

“Karena, bisa jadi, antara hasil “potret” dan realita berbeda. Potret yang lebih bagus atau rialita. oleh karena itu, kami mohon dibantu. Itulah yang akan kami konfirmasi,” katanya.

Acara visitasi BAN-PT dalam rangka akreditasi Prodi Manajemen STIE Hidayatullah dengan tim asesor Prof. Dr. Agus Suman dan Dr. Hasyim, SE.MM. Visitasi ini berlangsung tanggal 8-9 Mei 2014. Semoga dengan adanya visitasi, menjadikan STIE Hidayatullah Depok, khususnya Prodi Manajemen lebih baik. (hio/ybh)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.