BUMN Dukung Desa Berbasis Pesantren Hidayatullah

Salah satu sudut desa Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan / HIO

Salah satu sudut desa Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan / HIO

Hidayatullah.or.id — Dalam upaya menjalin kerjasama dan menjalankan program BUMN Membangun Desa yang diintruksikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan sekitar dua tahun lalu, Direktur Utama PT. BUMN Hijau Lestari I Ir. Ali Rahman bersama Assisten Manager wilayah Jawa Tengah-Jawa Timur Didi Suhayadi dan Staf Pengembangan Bisnis Nurdin Hardiansyah berkunjung ke Kantor Pusat Pondok Pesantren Hidayatullah yang beralamat di Jalan Mulawarman, Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, Senin, 10 Maret 2014 lalu.

Sekitar pukul 10.00 WIB rombongan PT. BUMN Hijau LestariI tiba di lokasi. Para pengurus menyambut dengan hangat serta menyampaikan penuh rasa syukur atas kunjungan dan silaturahmi Ali Rahman beserta tim.

Rombongan PT. BUMN Hijau Lestrai I diajak ruang aula/pertemuan Pondok Pesantren Hidayatullah untuk berdialog bersama dengan sejumlah pengurus pesantren. Pondok Pesantren Hidayatullah sendiri merupakan salah satu pondok pesantren besar di Indonesia yang memiliki kurang lebih 300 cabang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

“Kami mengapresiasi konsen Hidayatullah pada lingkungan dan penghijauan yang sangat baik dan sudah digeluti sejak lama, terbukti dengan penghargaan Kalpataru yang diraih Pesantren Hidayatullah pada tahun 1984,” kata Dirut PT BUMN Hijau Lestari I Ir Ali Rahman dalam kesempatan tersebut.

Salah satu pengurus Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Ustadz Nasrullah dalam sambutannya mengatakan Pesantren Hidayatullah sering mendapatkan perhatian dari pemerintah terutama yang berkaitan dengan lingkungan.

“Seperti Kementerian Agama, Kementerian Kehutanan mereka pernah berkunjung ke Ponpes Hidayatullah,” ungkapnya.

Pondok Pesantren Hidayatulah yang berlokasi di desa bilangan Gunung Tembak ini memiliki luas kurang lebih 100 ha, sebagian besar lahan sudah digunakan untuk fasilitas pendidikan dan sarana ibadah, kolam, dan sisanya masih berupa lahan kosong yang siap dikerjasamakan dengan PT. BUMN Hijau Lestari I.

“Kami sangat bersyukur dan ini karunia yang sangat besar, yang dilatarbelakangi oleh kunjungan Bapak Dahlan Iskan Menteri BUMN yang langsung merespon harapan kami ditempat ini,” kata Nashrul.

“Semoga ini menjadi amal jariyah bagi beliau, bapak yang mendampinginya dan satu bentuk perhatian kita kepada lingkungan,” tambahnya.

Dalam Program BUMN Membangun Desa berbasis Pondok Pesantren, PT. BUMN Hijau Lestari I sudah bekerjasama kurang lebih dengan 50 pondok pesantren di seluruh Indonesia. Dalam sambutannya Ir.Ali Rahman mengungkapkan bahwa masalah lingkungan menjdi masalah kita semua tidak bisa diselesaikan dengan proyek-proyek dan cara seperti biasa.

“Kami mencoba mengembangkan konsep Agrosilvopastoral yaitu mengkombinasikan antara peternakan, kehutanan, dan perkebunan. Karena sejatinya berbicara Sumber Daya Alam (SDA) adalah integrasi dari tiga komponen tadi,” tutur Ali Rahman.

Dengan banyaknya kontribusi penghijauan dari berbagai pihak atau kalangan masyarakat, semoga negeri ini tetap hijau dan lestari, demikian harap Ali Rahman. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.