Dai Ajak Makmurkan Masjid di Nipahnipah Penajam

Masjid Al Amin, masjid tua yang juga merupakan situs sejarah di Penajam Paser Utara / net

Masjid Al Amin, masjid tua yang juga merupakan situs sejarah di Penajam Paser Utara / net

Hidayatullah.or.id — Ratusan warga Nipahnipah, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memenuhi Masjid Al-Amin ketika memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Ahad, belum lama ini. Hadir sebagai penceramah, dai senior yang juga pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah, Balikpapan, Ustadz Ansar Amiruddin.

Bertema memakmurkan masjid dengan salat berjamaah, Ansar memaparkan pentingnya salat bagi umat Islam. Salat merupakan tiang agama.

“Baca bacaan dalam salat yang mengagumkan kebesaran Allah, oleh karena salat harus khusyuk agar bisa memaknai yang terkandung dalam salat,” katanya.

Di samping itu, dia menyampaikan bahwa orangtua mempunyai kewajiban kepada anak untuk menyuruh salat. Sebaiknya dilakukan dengan berjamaah.

“Orangtua harus menjadi pemimpin dalam rumah tangga ketika salat. Anak akan merasa terpanggil menjalankan kebajikan bila orangtua melaksanakan,” pesannya.

Isra Mikraj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, kata dia, umat Islam harus yakin dan percaya bahwa apa dialami Rasulullah adalah kehendak Allah SWT dan wajib dipercayai. Perjalanan Rasulullah memenuhi panggilan Ilahi menerima perintah salat.

“Isra Mikraj merupakan peristiwa monumental dalam sejarah perkembangan Islam di dunia. Peristiwa Isra Mikraj merupakan ujian keimanan bagi seorang mukmin yang harus dipercayai,” kata Ansar

Sementara itu, Ketua Panitia Abdul Kasim mengatakan, tema ajakan memakmurkan masjid dengan salat berjamaah agar umat Islam melaksanakan salat di masjid. Terutama pula menjelang Ramadan.

“Saat Ramadan, ibadah senantiasa meningkat setiap tahun,” kata Kasim dalam acara yang dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) PPU Ust Rifai Remba, puluhan pejabat, dan ratusan warga. (kp/hms7/fel)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.