Hidayatullah Mamuju Tanam Ratusan Mangrove

bakti sosial peduli lingkungan hidayatullah mamuju 2 bakti sosial peduli lingkungan hidayatullah mamuju 3 bakti sosial peduli lingkungan hidayatullah mamujuHidayatullah.or.id — Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Mamuju, Sulawesi Barat, terus melanjutkan budaya Hidayatullah yang sangat peduli terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Salah satu upayanya adalah menyelenggarakan kegiatan tanam mangrove atau pohon bakau yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Integral Al-Furqon Pondok Pesantren Hidayatullah Mamuju dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun ini.

Sebanyak 200 mangrove ditanam oleh puluhan murid aggota gugus depan Pramuka SD tersebut di Taman Wisata Mangrove desa Kampung Baru kecamatan Kalukku kabupaten Mamuju, Sulbar, beberapa waktu lalu.

Diakui Hendra (42) pengelola taman wisata ini, pihaknya sangat terbantu dengan adanya acara yang digelar oleh SD Al-Furqon Hidayatullah Mamuju.
“Mereka menanam langsung ke lokasi wisata sambil bermain air karena waktu penanaman air laut sedang pasang” paparnya.

Terlihat seluruh peserta dengan suasana riang menanam pohon yang berfungsi sebagai pelindung garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami.

Sadar akan pentingnya penanaman mangrove itulah kepala sekolah SD Integral Al-Furqon , Herman DJ, S.Sos.I. memilih untuk memfokuskan kegiatan murid-muridnya kepada hal-hal yang memiliki manfaat lebih banyak.

“Sengaja (penanaman mangrove) ini kami pilih sebagai fokus acara bakti sosial agar mereka memiliki pemahaman dan kepedulian yang baik tentang alam,” ulas alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Lukmanul Hakim Surabaya ini.

Lebih lanjut Herman menjelaskan bahwa tahun-tahun sebelumnya di sekolah yang ia pimpin selalu konsentrasi pada aksi-aksi nyata di lapangan. Termasuk di antaranya beberapa tahun sebelumnya menggalakkan program one man one tree.

Geliat kecil ini bagian dari upaya memasang Green Belt atau sabuk hijau hutan mangrove atau hutan bakau yang ada di Taman Wisata Mangrove dan beberapa garis pantai lainnya. (Abu Basya – Mamuju)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.