Tim Asesor BAN-PT Kunjungi STIE Hidayatullah Depok

akreditasi akuntansi 2Hidayatullah.or.id — Setelah sebelumnya Jurusan Manajemen menjalani Visitasi dari Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), beberapa hari lalu (3-4 Juli 2014) giliran Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah (STIEHID) menjalani visitasi dari Tim Assesor.

Seperti diketahui, visitasi merupakan rangkaian kegiatan akreditasi yang harus dijalani agar sebuah program studi mendapat akreditasi dari BAN-PT. Tujuannya adalah untuk melakukan validasi atas data yang disampaikan dalam Borang dengan fakta yang berlangsung dalam proses pendidikan.

Adapun tim Assesor yang ditugaskan untuk dalam visitasi ke jurusan akuntasi STIEHID kali ini adalah Bapak Sujoko Efferin, M.Com (Hons), MA, PhD yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Surabaya serta Ibu DR. Prihat Assih, Msi yang juga adalah Wakil Rektor II Universitas Merdeka Malang.

Ketua STIE Hidayatullah Dr Abdul Mannan, MM, dalam kesempatan pelepasan kepulangan tim assesor, mengatakan bagi pihak STIE Hidayatullah Depok kegiatan akreditasi ini adalah titik tolak untuk terus meningkatkan proses dan kualitas pendidikan.

“Apapun nanti penilaian Tim Assesor adalah masukan bagi STIE Hidayatullah untuk memperbaiki dan meningkatkan proses sehingga terlahir kualitas sarjana yang berkarakter sebagai modal untuk melakukan pembangunan dan perubahan bangsa”, demikian disampaikan Ketua STIE Hidayatullah Depok, DR. Abdul Mannan, MM.

Di tempat terpisah Dr. Abdullah selaku panitia akreditasi STIEHID menyampaikan bahwa semua bahan yang dibutuhkan dalam visitasi sudah disiapkan sesuai adanya.

Dia menjelaskan, karena ini sifatnya merekam proses, serta mencocokan data, bagi STIE Hidayatullah, visitasi dari tim assesor berjalan saja apa adanya. Prosesnya berjalan natural sebagaimana telah disampaikan dalam borang.

“Fakta dan datanya semua kami siapkan dan tadi sudah dijelaskan semuanya. Alhamdulillah lancar,” papar Abdullah. Kegiatan visitasi ini berlangsung selama 2 hari dengan sejumlah agenda sesuai dengan ketentuan dalam akreditasi BAN-PT.

Dr Sujoko Efferin adalah asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak 23 Juni 2007. Bapak Sujoko menjadi asesor BAN-PT untuk program studi Akuntansi dan Manajemen.

DR. Prihat Assih, SE.,M.Si.Ak sendiri adalah asesor BAN PT yang pakar di bidang Ekonomi Pembangunan lulusan Universitas Gadja Mada (UGM) Yogyakarta. Karya karya ilmiah Prihat Assih kerap menghiasai jurnal-jurnal internasional dan nasional baik cetak maupun online.

Sebagaimana diketahui, BAN-PT adalah sebuah badan dari Departemen Pendidikan Nasional yang bertugas untuk melaksanakan penjaminan mutu eksternal seluruh perguruan tinggi di Indonesia. BAN-PT adalah juga anggota dari International Network for Quality Assurance Agency in Higher Education (INQAAHE).

Tugas asesor BAN-PT adalah melakukan evaluasi dan memberikan penilaian terhadap mutu penyelenggaraan program studi sesuai bidangnya di seluruh Indonesia, baik PTN maupun PTS. Dari hasil evaluasi dan penilaian tersebut, setiap program studi mendapatkan peringkat A, B, C, atau tidak terakreditasi. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.