Evaluasi dan Koordinasi Vitalkan Peran Dai di Bulungan

IMG_7385Hidayatullah.or.id — Guna meningkatkan dan mengetahui tren kinjerja dari program yang telah dicanangkan selama 1 tahun, maka mendesak selalu dilakukan adanya evaluasi dan monitoring agar tujuan organisasi dapat benar-benar tercapai.

Berangkat dari spirit tersebut, Lembaga Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Cabang Kabutapen Bulungan bersama mitra pembinaan masyarakat seperti Yayasan Pesantren Hiadyatullah yang aktif memberikan pelayanan dakwah, melakukan pertemun khusus berupa Halaqoh Muharram yang mengusung tema “Evaluasi dan Korrdinasi Peran Dai Dalam Intgritas Pembinaan Masyarakat”.

Kegiatan ini digelar secara intensif untuk melakukan evaluasi sejauh mana progress pelaksnaan program 2014 dan menyusun program untuk tahun 2015.

Acara yang dihelat di Bulungan belum lama ini bertempat Aula SD Integral Al-Mubarak, Pesantren Hidayatullah Tanjung Selor. Kegiatan yang dihadiri 27 da’I tangguh dari 5 kab/kota Se-Kalimantan Utara ini dibuka secara formal oleh Ketua PW Hidayatullah Kalimantan Utara Ust. Nur Yahya Asa.

Dalam arahannya pria energik dan inspiratif ini mengaskan, “Hanya orang-orang yang memilki kepedulianlah yang dapat mengemban amanah sebagai da’I. Ini modal utama yang harus dimiliki para da’I ketika ingin terjun membina masyarakat”.

Namun, lanjut beliau, tentulah bentuk kepedulian harus diiringi dengan skill dakwah, ilmu yang mumpuni serta ghiroh yang tinggi. Tanpa itu berat untuk memikiul amanah ini. Selain itu harus terkoordinasi dan memiliki target kerja yang dirumuskan dalam kegiatan dan program yang matang dan terencana.

“Sehingga tepatlah kegiatan evaluasi dan koordinasi antar da’I ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khususnya di bidang dakwah pembinaan umat,” katanya.

Melalui halaqoh Muharram ini disepakati beberapa program berskala wilayah maupun daerah antara lain: Halaqoh Wustha dan Pembinaan Kader, Super Live Revolution Training, Training Khotib se-Kaltara, Semarak Pra Ramadhan, Up Grading Guru se-Kaltara, Pelatihan Bekam se-Kaltara dan training pemimpin kepemudaan.

Salah seorang dai utusan Kabupaten Malinau, Ustadz Ramli, mengaku semakin bersemangat dalam mengemban amanah dakwah di mana ia ditugaskan. Ia juga optimis usai pembacaan rekomendasi program di akhir acara ini dengan sejumlah agendanya yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik sebagaimana program tahun sebelumnya.

“Pencapaian target dakwah jika dibingkai dalam koordinasi yang kuat, insya Allah akan memudahkan kita semua dalam melakukan pembinaan ummat dengan mengedepankan saling sinergi,” tukas dia. (elo/bul)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.