Bina Leadership, Hidayatullah Medan Vitalkan Dewan Santri

dewan samtri 3 dewan samtri 5 dewan samtri 4Hidayatullah.or.id — Menyadari besarnya skill dan potensi manajerial santri, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Medan, Sumatera Utara, yang beralamat di Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, menguatkan pembinaannya dengan memvitalkan Dewan Santri sebagai organisasi ekstrakurikuler keasramaan.

Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Medan, Sumatera Utara, H. Choirul Anam, mengungkapkan, Dewan Santri yang merupakan organisasi santri sebagai wadah bagi santri untuk belajar menjadi pemimpin dalam rangka mempersiapkan generasi terdepan dimana santri di tuntut agar mempunyai kemampuan berorganisasi dalam mengelola organisasi santri dengan baik.

Beliau menyampaikan pentingnya organisasi santri dalam rangka untuk membangun solidaritas civitas pondok pesantren. Kata Choirul, Dewan Santri diharapkan akan menjadi wadah bagi santri/santriwati dalam menempa diri menjadi pemimpin dan organisatoris handal yang kaya akan ide kreatif dalam membangun peradapan pesantren.

“Bagi santri, Pesantren Hidayatullah harus dijadikan sebagai wadah belajar, membaca, menulis, dan mengembangkan potensi praktis. Karenanya, dirasa perlu kami membuatkan organisasi Dewan Santri ini,” imbuhnya.

Dengan mendapatkan kesempatan di Dewan Santri, para santri yang diamanahkan sebagai pengurus ybisa terus meningkatkan dan mengembangkan organisasi santri yang ada di lingkungan Pesantren Hidayatullah Medan.

“Itu semua sebagai bekal santri untuk belajar mengelola sebuah organisasi sehingga melahirkan organisasi santri berdaya saing tinggi, produktif, kretif dan inovatif sehingga mampu melahirkan kader-kader ulama’ masa depan,” tegas Choirul Anam.

Pada tanggal 6 Desember 2014 lalu bertempat di lapangan terbuka Pondok Pesantren Hidayatullah Tanjung Morawa diselenggarakan pelantikan pengurus Dewan Santri Pondok Pesantren Hidayatullah Medan Tanjung Morawa.

Sebelumnya pada tanggal 5 Desember 2014 secara khusus juga dilaksanakan pergantian pengurus dan pelantikan OSIM putri di Pendopo Agung Pondok Pesantren Hidayatullah Medan ini.

Untuk Pelaksanaan Acara ini di laksanakan pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB ba’ada Isya’ hingga selesai. Acara tersebut diikuti oleh 600 orang santri dan 75 orang guru dan warga Pondok.

Kegiatan berlangsung sangat hikmat pada acara pelantikan yang kemudian dilanjutkan dengan taushiyah Pimpinan Pondok. Di penghujung acara dimeriahkan dengan beberapa pementasan kreativitas seni santri yang sangat menyedot perhatian pengunjung dan sangat meriah yaitu nasyid, drama Santri, dan pantomim.

Ketiga acara ini sangat membuat para penonton betah duduk berlama-lama karena drama dan pantomimnya sungguh mengocok perut para pengunjung, tahulah santri Hidayatullah Medan jagonya bikin drama dan pantomim.

“Sudah bisa menyaingi dan mengalahkan para komedian yang biasa tampil di TV dan tentunya tetap bernuansa Islami dan tetap mempertahankan gaya kesantriannya,” ujar Sinaga, salah seorang santri. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.