Setiap Masjid Sebaiknya Miliki Kantor dan Perpustakaan

Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Bontang, memiliki kantor dan penginapan khusus tamu spesial dari jauh / DAS

Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Bontang, memiliki kantor dan penginapan khusus tamu spesial dari jauh / DAS

Hidayatullah.or.id — Masjid rumah utama tempat ibadah umat Muslim. Masjid simbol peradaban Islam yang merupakan pusat kehidupan umat Islam. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Meningat mendasarnya fungsi masjid tersebut, Ketua Bidang Pelayanan Umat Pimpinan Pusat (PP) Hidayatullah Drs. Tasyrif Amin, MPd.I d, mendorong dilakukan pola pengelolaan masjid yang profesional, terpadu, dan terkulturisasi dengan spirit tegaknya peradaban Islam.

“Untuk saat ini, menjadi sangat penting dan mendesak setiap masjid memiliki kantor yang terintegrasi dengan masjid dan memiliki perpustakaan,” tegas Tasyrfi Amin dalam acara sarasehan penguatan fungsi masjid digelar DKM Ummul Quro, di Kota Depok, Jawa Barat, kemarin.

Sebagai tempat ibadah, jelas Tasyrif, masjid memiliki fungsi yang sangat istimewa yang membedakannya dengan tempat-tempat peribadatan agama lain. Selain itu, masjid juga sebagai sekolah, tempat belajar, tempat berkumpul ulama dalam mengajarkan ilmu. Dimana disampaikan tentang hukum-hukum syariat atau arahan-arahan keagamaan kepada masyarakat.

“Sehingga pengadaan perpusatakaan masjid seharusnya menjadi perhatian utama selain aspek-aspek penting lainnya,” ujarnya.

Dikatakan dia, masjid sangat berperan sebagai basis perubahan masyarakat yang memicu kebangkitan dan kemajuan umat. Sebagai pusat aktifitas dan kegiatan umat, ia memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Karenanya, jelas beliau, masjid juga harus direvitalisasi perannya untuk penguatab kegiatan ilmiah, sosial, pengadilan, pemerintahan, pembinaan masyarakat, militer, mencetak sumber daya manusia yang beriman dan profesional.

“Masjid juga hendaknya mengambil peran dalam mengentaskan masalah sosial dan keagamaan, edukasi masyarakat, bahkan menjadi mitra dalam membangun negara sebab masjid dengan dukungan masyarakat mampu memberikan pelayanan ekstra yang tidak bisa diberikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Tasyrif menekankan pentingnya peran Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam mengembangkan kebali peran vital masjid sebagai pusat ilmu dan peradaban Islam yang mencakup semua aspek kehidupan. Dalam hal ini dia mendorong terus pengadaan kantor masjid yang representatif yang nanti berfungsi sebagai ruang kantor pengurus, ruang rapat, pertemuan, dan penginapan untuk bagi tamu-tamu masjid seperti pimpinan atau ketua umum.

“Makanya seharusnya setiap masjid lingkungan Pesantren Hidayatullah harus ada kantornya, ada perpustakaan,” pungkasnya. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.