BAZNAS dan POSDAI Gelar Pekan Gizi Nusantara di Papua

Pekan Gizi Nusantara Baznas Posdai Hidayatullah di Papua (1) Pekan Gizi Nusantara Baznas Posdai Hidayatullah di Papua (2) Pekan Gizi Nusantara Baznas Posdai Hidayatullah di Papua (3)Hidayatullah.or.id — Melihat besarnya manfaat yang dinikmati oleh para mustahik pada Kegiatan Pekan Gizi Nusantara pada Idul Adha lalu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat kembali mengadakan kegiatan serupa pada 22 hingga 23 Desember, bekerjasama dengan Persaudaraan Dai Nusantara (POSDAI) Hidayatullah.

Pekan Gizi Nusantara tahap 2 ini dinikmati manfaatnya oleh 21 ribu Kepala Keluarga atau sekitar 84 ribu mustahik. Wilayah jangkauannya lebih dari 96 titik antara lain Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Lombok, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Program ini dilatarbelakangi oleh masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia yang kemudian juga diikuti oleh potensi rawan gizi buruk. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat membantu peningkatan kualitas gizi mustahik.

Selain itu, karena pelaksanaan bertepatan dengan Hari Ibu, kegiatan ini tuga bertujuan untuk memberikan kebahagiaan bagi para ibu dari keluarga kurang mampu dengan meringankan beban pemenuhan gizi keluarga.

Ketua Umum BAZNAS, Prof Dr Didin Hafidhuddin MSc mengatakan, dana dari kegiatan ini bersumber dari zakat yang ditunaikan oleh para muzaki BAZNAS. Mereka mengamanahkan zakatnya melalui BAZNAS untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi para mustahik yang membutuhkan, bukan hanya yang tampak di Jakarta tetapi juga yang sulit mereka jangkau jika harus menyalurkan sendiri.

“Insyaallah dana zakat dari para muzaki sebesar Rp4,3 Miliar yang digunakan dalam kegiatan ini betul-betul tepat sasaran bagi para mustahik yang membutuhkan, seperti halnya penerima manfaat pada program BAZNAS yang lain,” katanya.

Memberdayakan Muallaf

Ketua Divisi Program dan Operasional Posdai Hidayatullah, Muhajirin Anshor, dalam keterangannya di Papua di sela-sela kegiatan Pekan Gizi Nusantara II, mengatakan Posdai Hidayatullah dipercaya oleh Baznas Pusat untuk menjadi salah satu mitra lokal penyelenggaraan kegiatan pekan gizi yang dilakukan di 5 wilayah di Papua.

Adapun 5 wilayah penyelenggaraan Pekan Gizi Nasional di provinsi Papua ini digelar di Jayapura, Merauke, Boven Digoel, Sorong, dan Teluk Bintuni. Sedikitnya ada 750.000 orang penerima manfaat kegiatan ini.

Muhajirin menjelaskan, pekan gizi yang digelar di Papua ini difokuskan untuk atau bagi muallaf Papua, selain diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Karenanya, kegiatan serupa seperti ini harus terus digalakkan khususnya di Papua. Masih banyak saudara kita di sini, para muallaf, yang sangat membutuhkan perhatian kita untuk terus memberdayakan mereka,” kata Muhajir di Papua.

Sebagai lembaga yang concern terhadap dakwah Islam dan pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga dai, Posdai Hidayatullah kata Muhajirin terus melakukan upaya-upaya konstruktif diantaranya menyelenggarakan pendidikan dai dan bina muallaf di kantong-kantong muslim minoritas dan pelosok.

Kerjasama Posdai Hidayatullah dan BAZNAS Pusat ini dalam rangka penyaluran paket gizi dan bahan konsumsi ke daerah-daerah rawan pangan, rawan akidah, dan kawasan minoritas muslim. Pada Pekan Gizi Nusantara tahap ini 2 sebanyak 84 Ribu mustahik memperoleh manfaat paket gizi. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.