Dukung Informal Leader, Hidayatullah Malut Gelar Upgrading Dai

Bersantai dan mandi-mandi di Puncak Ternate usai acara

Bersantai dan mandi-mandi di Puncak Ternate usai acara

Acara taushiah

Acara taushiah

Bersantai dan mandi-mandi di Puncak Ternate usai acara

Bersantai dan mandi-mandi di Puncak Ternate usai acara

Hidayatullah.or.id — Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para dai dalam melakukan pengabdian dakwah pencerahan di berbagai daerah pelosok, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) bekerja sama dengan PW Hidayatullah Maluku Utara (Malut) mengadakan kegiatan upgrading dai.

Acara yang dirangkai dengan silaturrahim kader Hidayatullah se-Ternate ini mengusung jargon “Pencerahan Kelembagaan” dengan tema “Membangun Ummat Menuju Maluku Utara Mandiri dan Bermartabat”.

Panitia pelaksana, Arif Ismail Hanafi, dalam keterangannya kepada media ini mengatakan, acara ini digelar dalam rangka mendukung kiprah dai ummat yang telah melakukan pengabdian kemasyarakatan di berbagai wilayah di Maluku, khususnya Ternate.

Peran dai seperti guru mengaji dan ustadz yang mengelola yayasan sosial dan pondok pesantren, jelas Arif Hanafi, adalah peran sentral dai dalam pembangunan umat.

Sebab itu, Arif Hanafi menilai dai harus selau mendapatkan sokongan dari berbagai pihak tidak saja lembaga zakat dan sebagainya. Tapi juga dai semestinya mendapatkan perhatian dari pemerintah mengingat perannya adalah sebagai informal leader (pemimpin masyarakat) di sekitarnya.

“Mereka para dai telah turut serta dalam mewujudkan keberlangsungan pendidikan umat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah yang kemudian mendorong Laznas BMH Ternate berkomitmen mendukung perjuangan para dai,” kata Arif Hanafi kepada Hidayatullah.or.id, Rabu (18/03/2015).

Mencerdaskan umat kata Arif adalah amanat undang-undang yang mestinya menjadi perhatian bersama. Pemerintah tentu saja akan kewalahan mengatasi ini sendirian. Maka, jelas Arif, peran dai, pesantren, dan ormas-ormas Islam, tidak bisa dinafikkan telah memberi kontribusi positif terhadap pembangunan sumber daya manusia anak negeri.

“Karenanya, kami mengucapkan terimakasih sebesarnya kepada pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya yang selama ini telah mendukung program keummatan Laznas BMH Ternate ini,” pungask Arif Hanafi.

Kegiatan yang diselenggarakan di bilangan Wasile, Halmahera Timur ini berlangsung selama tiga hari (19-21/2015) yang dihadiri tim instruktur DPP Hidayatullah diantaranya adalah anggota Dewan Syuro Hidayatullah Al Hafidz Ustadz Aqib Junaid. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.