Hidayatullah Kaltim Harus Terus Bina Umat di Pedalaman

Hidayatullah.or.id – Kabag Kesehatan, Mental dan Spiritual Biro Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Drs. H. Abd. Wahab, M.Si, mendorong segenap kader Hidayatullah Kaltim untuk terus meneguhkan peranan Hidayatullah di wilayah tersebut dengan meneruskan dan menguatkan pembinaan umat masyarakat di pedalaman dan perbatasan.

Abdul Wahab saat membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Timur H Awang Faroek Ishak yang berhalangan hadir dalam acara pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kaltim 2016, mengatakan Hidayatullah harus terus dapat memberikan pencerahan kepada semua lapisan masyarakat terutama masyarakat yang ada di pedesaan bahkan di perbatasan.

“Karena Hidayatullahlah yang mampu dan bisa hadir di tengah masyarkat seperti itu. Terbukti semua dengan awal-awal kehadiran Hidayatullah yang bisa diterima dimana saja. Semoga Hidayatullah ke depan semakin jaya dan Sukses dalam menjalankan amanah yang mulia ini,” kata Abdul Wahab di Komplek Pesantren Hidayatullah Samarinda, (13/02/2016).

Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Kalimantan Timur kali ini mengangkat tema “Meneguhkan Jati Diri menuju Sukses Tarbiyah dan Dakwah”. Raker ini bertujuan untuk menata perencanaan program-program strategis dan berkelanjutan selama satu tahun ke depan bagi Ormas Hidayatullah Kalimantan Timur.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Kalimantan Timur (DPW Hidayatullah Kaltim) DR. H. Muhammad Tang S. M.Pd.I, meyampaikan bahwa ormas Hidayatullah hadir di tiap daerah kabupaten/ kota sampai tingkat desa itu semua merupakan mitra pemerintah dalam membina masyarakat baik itu dari segi agama, sosial, pendidikan bahkan sampai kemandirian ekonomi masyarakat setempat.

“Semua kader Hidayatullah harus bisa memberi warna yang positif ke pada masyarakat dimana pun dia ditugaskan,” kata Tang.

Tang menjelaskaskan, negara maupun pendiri dari Hidayatullah ini mengharapkan terciptanya lingkungan Baldatun thayyibatun gafur yang kemudian diharapkan bisa di ciptakan dan dirasakan oleh semua pihak. Oleh karena itu, lanjut Tang, pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Kalimantan Timur dapat berjalan dengan baik.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Bidang Dakwah, Ustadz Muhammad Sholeh Utsman, menuturkan yang mesti menjadi salah satu pokok pembahasan dalam Rapet Kerja Wilayah Hidayatullah Kalimantan Timur adalah sektor Pendidikan Bagaimana pendidikan yang diterapkan Oleh Hidayatullah agar mampu menghasilkan generasi emas bagi bangsa Indonesia ini.

Sholeh mengharapakan DPW Hidayatullah Kaltim harus lebih agresif lagi melakukan kegiatan dakwah kepada seluruh lapisan masyarakat dan mendorong semua kader untuk terlibat dalam dakwah karena sejatinya semua manusia atau mukmin yang lahir di muka bumi adalah utusan dari Allah Ta’ala untuk menyebarkan risalah kebenaran agama Islam ini apapun profesinya.

“Jadi tidak ada alasan bagi setiap kader untuk tidak ambil bagian di dunia ini khususnya di bidang dakwah,” kata Sholeh.

Sholeh juga mengharapkan Hidayatullah Kaltim harus lebih fokus dan serius mengaktifkan halaqoh kader baik dalam tingkat Ulya dan maupun Wustho. Semetara untuk halaqoh Ulya dapat dikontrol oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD), adapun untuk halaqoh Wustho’ dapat dikontrol oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW).

Di bidang pembinaan anggota dituntut untuk lebih semangat dan percaya diri untuk melakukan pengajaran Al-Qur’an dan pembinaan majelis taklim, baik itu di sekolah, di masjid-masjid, dan di kampus-kampus serta perkantoran. Serta mendorong kader meningkatkan pemahaman yang luas kepada setiap lapisan Masyarakat.

Ustadz Sholeh Usman juga memandang perlunya pemantapan bidang ekonomi dan keuangan guna mendorong para jamaah dan kader Hidayatullah untuk memiliki etos kerja dan produktifitas yang tinggi. Hal tersebut kata Sholeh perlu dikuatkan dalam rangka membangun kemandirian lembaga dan masyarkat.

Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Kalimintan Timur ini merupakan salah satu agenda tahunan yang pada kesempatan kali ini diadakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda (13-14/02/2016).

Pada kesempatan itu juga Kapolresta Kota Samarinda diwakili Oleh Kepala Bagian Binmas Poltabes Kota Samarinda Iptu Ipan Saputra, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan ormas-ormas Islam, beserta Dewan Pengurus Daerah (DPD) sebanyak 10 DPD Kabupatan dan Kota se-Kaltim. (ybh/hio)

FOTO-FOTO:

masukin yang ini aja mas ton Bapak. Drs. H.A. Wahab.M.Si IMG_0430 IMG_0434

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.