Hidayatullah Penajam Ingin Jadi Kebanggan Masyarakat

Kemenag Hadiri Pembukaan Rakerwil Hidayatullah Kaltim Tahun 2015 di Penajam Paser UtaraHidayatullah.or.id – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah bersama dengan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), berkomitmen ingin menjadi lembaga dakwah terdepan kebangaan masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Hidayatullah Penajam, Ustadz Iwan Abdullah, saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Silkar Girimukti Kecamatan Penajam, belum lama ini.

“Hidayatullah seperti di daerah-daerah lain begitupun Hidayatullah di Kabupaten Penajam Paser Utara, ingin menjadi kebanggaan kabupaten ini. Sehingga nantinya ketika ada pertanyaan di mana lokasi ponpes, dimana ada kawasan religius, dan perkampungan yang tertata secara islami, kita semua bisa menjawab di sini tempatnya,” harap Iwan.

Iwan Abdullah selaku ketua panitia acara Rakerwil Hidayatullah Kaltim 2016 dalam laporannya, berharap dukungan dan doa yang juga diharapkan datang dari Pemerintah Kabuten (Pemkab), seiring perjalanan Hidayatullah akan aktif dan turut serta terlibat dalam pembangunan spiritual, sebagaimana yang digiatkan oleh penggagas dan pendiri Hidayatullah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kendatipun hari ini sebagian masih mimpi dan masih harapan namun cita-cita besar Hidayatullah Penajam sudah mulai tergambarkan,” katanya.

Pria murah senyum yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Hidayatullah Balikpapan menyampaikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta Rakerwil di Kampus Ponpes Hidayatullah PPU.

“Semoga dengan kedatangan peserta menambah spirit dan dukungan. Disadari tanpa dukungan dan doa dari peserta semua mustahil acara tersebut dan kelanjutan Pondok Pesantren Hidayatullah di Penajam Paser Utara dapat dilanjutkan seperti yang diharapkan bersama,” kata Iwan.

Pada kesempatan itu Iwan Abdullah juga meminta kesediaan kepada Wakil Bupati Mustaqim MZ dapat menandatangani masterplan dan penyematan kepada peserta secara simbolis.

Rapat Kerja Wilayah Hidayatullah Kalimantan Timur ke-5 tahun 2016 ini dihadiri seluruh perwakilan Hidayatullah Kab/Kota se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, dan secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Drs. H. Mustaqim MZ, MM.

Wabup Mustaqim saat membacakan secara tertulis sambutan Bupati Yusran Aspar yang sesekali menjelaskan makna dari isi sambutan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi tempat Rakerwil Hidayatullah se-Kaltim/Kaltara.

Wakil Bupati berharap peserta selama berada di PPU bisa merasa nyaman sehingga dapat mengikuti Raker dengan baik dan lancar. Dan ketika waktu senggang dapat menikmati tempat-tempat wisata dan kuliner.

Sebagaimana disampaikan dan permohonan panitia, “Insya Allah mimpi Hidayatullah akan tercapai,” janji Wabub Mustaqim.

Secara pribadi Wabup mengaku siap selalu membantu kiprah Hidayatullah di kawasan ini, “Tetapi tidak di halaman depan, nanti di halaman belakang saja,” candanya yang disambut tawa seluruh peserta rapat.

Lanjut Wabup, dengan diselenggarakannya Rakerwil diharapkan mampu menjadi wahana konsolidasi, koordinasi dan komunikasi diantara seluruh jajaran pengurus dan anggota di dalam menentukan rencana dan program kerja ke depan sehingga dapat meningkatkan peran Hidayatullah mensukseskan pembangunan nasional melalui peningkatan kualitas keimanan.

Pemerintah Penajam Paser Utara menyambut baik keberadaan Hidayatullah di Kabupaten Penajam Paser Utara ini, karena jelasnya, keberadaannya sangat membantu pemerintah di dalam membangun masyarakat Penajam Paser Utara, khususnya dibidang ilmu keagamaan.

“Kalau pemerintah sendiri saja tidak sanggup untuk mengadakan ponpes. Disinilah peran masyarakat, peran swasta karena pada hakekatnya pelaku pembangunan ada tiga (3) yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat,” katanya.

Bupati mengajak mari bersama-sama bekerja, membangun PPU sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing. Kalau semua itu bisa berjalan pararel maka, lanjut Wabup, apa yang menjadi visi pemerintah.

“Insya Allah semua bisa tercapai yaitu mewujudkan masyarakat PPU yang sejahtera, mandiri, berkualitas dalam suasana yang agamis,” tutup Wabup.

Tampak hadir dari jajaran Hidayatullah, Ketua DPW Hidayatullah Kaltim DR Muhammad Tang, Sekretaris Abdullah Syarif, dan pimpinan ponpes Hidayatullah perwakilan kab/kota se-Kaltim, dari unsur Muspida hadir beberapa kepala SKPD, Ketua MUI, Kepolisian, Kejaksaan serta undangan. (kem/hio)