“Polisi Sahabat Santri, Santri Sahabat Polisi” di Balikpapan

Santap siang bersama polisi dan santri  / Foto: Polres Balikpapan

Santap siang bersama polisi dan santri / Foto: Polres Balikpapan

Medengarkan ceramah agama di Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Balikpapan  / Foto: Polres Balikpapan

Medengarkan ceramah agama di Masjid Ar Riyadh Hidayatullah Balikpapan / Foto: Polres Balikpapan

Polisi Sahabat Santri, Santri Sahabat PolisiHidayatullah.or.id – Pesantren berperan sangat penting dalam menjaga kehidupan yang harmonis berlandas pada nilai-nilai agung ajaran Islam.

Tradisi tersebut juga tercatat dalam sejarah emas bangsa Indonesia bagaimana sentralnya peran pesantren dan kaum santri dalam menjaga integrasi nasional.

Berangkat dari semangat tersebut, Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat Balikpapan menerima dengan hangat Kepala Kepolisian Resor Balikpapan, Kalimantan Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Jeffry Dian Juniarta, beserta rombongan dalam rangka bersilaturahmi menguatkan jalinan kebersamaan, belum lama ini, Rabu (24/08/2016).

Kapolres Balikpapan Jeffry Dian Juniarta menjelaskan, selain makan siang bersama, silaturahmia ini juga dirangkai dengan kegiatan berbagi inspirasi di mimbar masjid pesantren bersama santri.

“Sengaja saya bersilaturahmi ke sini. Karena kalau kita sudah bersahabat, semuanya sudah aman. Dengan makan siang kita bersilaturahmi. Dengan bersilaturahmi kita bisa menyelesaikan masalah,” kata AKBP Jeffry Dian Juniarta berseloroh di hadapan ratusan santri Ponpes Hidayatullah.

Selain itu, AKBP Jeffry Dian Juniarta juga menjelaskan kepada para santri dan ustadz Ponpes Hidayatullah, bahwa keamanan lingkungan itu tidak hanya tugas Polisi.

“Khususnya di Balikpapan, saya titipkan beban keamanan ke tangan adik-adik juga. Menjaga kedamaian itu juga menunjukkan sifat seroang muslim, bukan? Karena Islam itu cinta damai, Islam itu anti kekerasan,” katanya.

Kegiatan silaturahmi ini diberi tema “Polisi Sahabat Santri, Santri Sahabat Polisi”.

“Ide tagline ini datangnya dari Pesantren Hidayatullah ini,” terang AKBP Jeffry Dian Juniarta.

Sementara itu, Ustadz Abdul Rasyid, salah satu pimpinan Ponpes Hidayatullah, menyambut baik kegiatan silaturrahim yang digagas Polres Balikpapan bersama Pesantren Hidayatullah Balikpapan ini.

Dia menjelaskan, semangat kebersamaan dan saling jalin ukhuwah telah menjadi tradiri Hidayatullah sejak berdirinya yang hingga kini terus menguatkan peranannya dengan hadir di semua wilayah di Indoneesia.

Abdul Rasyid menegaskan, kehadiran Hidayatullah dimanapun tidak lain dalam rangka menyemarakkan gerakan dakwah rahmatan lil’alamin. Karenanya dakwah Hidayatullah, kata dia, selalu mengedepankan empati dan harmoni.

Pertemuan ini juga disemarakkan dengan yel-yel yang semakin menguatkan hubungan keduanya. Yel-yel itu berbunyi: “Santri…? Sahabat Polisi! Polisi…? Sahabat Santri!” dan “Santri bersama Polisi…? Hebat! Polisi bersama santri? Tangguh!”.

Kunjungan yang diawali dengan sholat dzuhur bersama ini dipimpin langsung oleh Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta, SH, SIK.

Turut hadir pula Ketua Yayasan Hidayatullah Balikpapan, KH Zainuddin Musaddad, beserta para Pejabat Utama Polres Balikpapan, Kapolsek Balikpapan Timur dan Kapolsek Balikpapan Utara. Selain itu juga yang turut hadir dalam kunjungan tersebut adalah Satuan Tugas Binops Divisi Humas Mabes Polri. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.