Terus Mempelajari Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

tessHidayatullah.or.id – Tidak kurang seratus empat puluh orang dari dua belas kabupaten/kota ikuti Dauroh Al-Quran Bersanad yang dihelat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulawesi Tenggara (Sultra) baru baru ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari di Kendari ini, menghadirkan pemateri Pemegang Sanad Matan Jazariyah dan Tahfatul Athfal ke 12, Rifai Al Haq Bin Abbas.

Menurut Ketua Panitia, Kamaruddin ST, kegiatan ini diharapkan memberikan pemahaman dan mendidik masyarakat agar bisa membaca alquran dengan benar, juga memberi motivasi untuk menjadikan alquran sebagai petunjuk dalam hidupnya serta semakin cinta kepadanya.

“Kita harapkan kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa Alquran adalah petunjuk hidup yang harus dipelajari, makanya, peserta juga diajarkan dasar-dasar teori baca alquran, dan kaidah-kaidah tajwid,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPW Sultra, Nasri Buhari, mengatakan, masyarakat harus lebih fokus pada bacaan alquran yang disepakati oleh ulama dunia.

Sehingga dari kegiatan ini, masyarakat, khususnya kader Hidayatullah, punya kompetensi dan pemahaman alquran yang sesuai standar internasional dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Kami berikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya kader, supaya bisa fokus baca alquran yang disepakati oleh ulama dunia. Nah, dari kegiatan ini, mereka punya kompetensi dan pemahaman alquran yang sesuai standar internasional, dan yang bisa dipertanggungjawabkan”katanya.

Nasri menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan guru-guru yang sudah direncanakan untuk melakukan follow up terhadap kader-kader Hidayatullah yang sudah ikut kegiatan ini.

Sehingga, lanjutnya, mereka nantinya bisa buat kajian-kajian alquran di daerahnya masing-masing.

“Setelah ini, ada kegiatan follow up agar peserta bisa lebih matang, karena mereka nantinya bisa buat kajian alquran di daerahnya masing-masing, sehingga dari situ, masyarakat bisa mendapatkan pemahaman alquran yang benar” tambahnya.*/Amanah

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.