Wagub Bengkulu Tanam Pohon di Kampus Ponpes Hidayatullah

wakil-gubernur-tanam-pohon-di-kampus-hidayatullah-bengkulu2 wakil-gubernur-tanam-pohon-di-kampus-hidayatullah-bengkuluHidayatullah.or.id – Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA melakukan penanaman pohon di komplek Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu, beberapa waktu lalu (9/12).

Penanaman pohon itu merupakan seremoni memperingati Hari Menanam Pohon yang bertepatan dengan Hari Juang Kartika.

Wakil Gubernutr dibersamai oleh Korem 041/Gamas bersama Dinas Kehutanan. Rombongan melakukan penanaman 1000 bibit pohon di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu.

Komadan Korem (Danrem) 041/Gamas Kolonel Inf Andi Muhammad mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatullah merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari juang Kartika sekaligus mendukung program penghijauan nasional yang digalakan oleh Pemerintah Daerah.

“Tanam 1000 pohon ini untuk penghijauan sekaligus bentuk dukungan kita kepada pemerintah daerah,” jelasnya.

Dampak negatif dari perubahan iklim dan pemanasan gelobal, lanjutnya, mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor, sehingga peru diadakan pengijauan.

“Kita harapkan aksi ini bisa mengatasi apa yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Kegiatan juga diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, serta pohon yang telah ditanam harus dirawat dengan sungguh-sungguh. “Sehingga apa yang yang kita lakukan hari ini dapat memberikan manfaat bagi generasi mendatang,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Gubernur mengapresiasi Pesantren Hidayatullah yang menurutnya sebagai pesantren yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian alam yang merupakan ajaran Islam.

Dia mengatakan, penanaman pohon secara besar-besaran ini dilakukan untuk mewujudkan Bengkulu sebagai pusat iklan dunia. Dia mengimbau penanaman pohon di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu gencar dilakukan.

Wagub Rohidin menyebutkan, setidaknya tahun 2016 ini sudah ada sekitar 4,3 juta pohon telah ditanam di kawasan tersebut.

“Bengkulu harus hijau dan mampu menciptakan kenyamanan iklim dunia,” ungkap Wagub Rohidin.

Menurut Wagub, kesadaran menanam pohon harus dipupuk secara terus menerus. Baik menanam pohon di lahan kosong, tandus, bantaran sungai, pekarangan rumah hingga wilayah lainnya. Sehingga lahan yang kosong menjadi tempat tumbuhnya pohon sebagai sumber oksigen untuk pernapasan manusia.

“Kesadaran ini harus kita lestarikan. Karena tanpa kita menyayangi lingkungan, maka lingkungan itu akan menjadi rusak,” tambahnya.

Tak hanya itu, penanaman 4,3 juta pohon ini melibatkan semua kalangan. Baik TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta, pelajar hingga kalangan lainnya.
Disamping itu, lanjut dia, jutaan pohon ini juga diberikan kepada masyarakat secara gratis untuk ditanam.

“Semua pohon ini gratis dari pemerintah. Silahkan yang ingin meminta bibit pohon untuk datang ke instansi terkait. Sehingga semua pohon yang ada dapat tertanam semua,” beber Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Bengkulu, Ir Risman Sipayung mengatakan, tahun 2016 ini kuota bibit pohon sekitar 200 ribu pohon yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu. Sementara jutaan pohon seperti pohon mahoni, sengon hingga pohon hutan lainnya berasal dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut) RI.

“Tahun depan, kita rencanakan 300 ribu pohon sediakan. Kalau dari kementerian jumlahnya jutaan tetap kita usulkan,” ujar Risman.

Risman menjelaskan, animo masyarakat Bengkulu sangat tinggi untuk melakukan penanaman pohon. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk terus mengusulkan bibit pohon. Sehingga penanaman pohon dapat lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya.

“Silahkan diusulkan. Semua pohon kita gratiskan, berapapun permintaannya akan kita coba akomodir nantinya,” tandasnya.

Selain dihadiri Wagub, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesai (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016 di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu ini diharidi juga oleh Ketua DPW Hidayatullah Bengkulu, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu Ir Abu Bakar, Danrem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Inf Andi Muhammad diwakili oleh Kasintel Letkol Inf Imam Priharso SH, perwakilan Polda Bengkulu dan para tamu penting lainnya. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.