Dr Abdul Mannan Kembali Tulis Buku, “Era Peradaban Baru”

Abdul MannanHidayatullah.or.id – Ketua Pertimbangan Pimpinan Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Dr H Abdul Mannan, MM, kembali meluncurkan buku terbarunya yang berjudul “Era Peradaban Baru”. Peluncuran awal (soft launching) buku ini dilakukan di Kota Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Adapun grand launching buku setebal hampir 500 halaman dengan sampul hard cover ini direncanakan akan dilakukan seturutan dengan agenda nasional Hidayatullah yang akan digelar di Jakarta dalam beberapa waktu ke depan.

Abdul Mannan yang juga mantan Ketua Umum DPP Hidayatullah telah cukup laman mempersiapkan buku yang diterbitkan ekslusif oleh PT. Mulia Mandiri Nusantara Raya.

Dalam buku ini, penulis mengajak melihat rangkaian konstruksi peradaban umat manusia dengan kedalaman telaah. Aksentuasi yang khas dari penulis kemudian mengajak pembaca menengok satu era apa yang disebutnya dengan Peradaban Baru.

Melalui penelusuran ini, pembaca diajak untuk menyelidiki karakteristiknya, menyelami hikmah di balik sejarah kelahirannya, kemajuannya, kepemimpinannya, keterpurukannya, dan upaya untuk kembali membawa Peradaban Baru menuju puncak kegemilanggannya.

Penulis pula mengurai bagaimana sejarah membuktikan bahwa tidak pernah ada sebelumnya suatu peradaban yang kelahirannya ditandai dengan pemberian perintah membaca sebagai perintah yang pertama kali diberikan.

Kehadiran peradaban dengan cara semacam ini dengan demikian berarti kehadiran kemodernan dan masa depan. Peradaban ini menegakkan kepala manusia sehingga tidak lagi terkungkung pada taklid buta dan doktrin menjemukan.

Bukan ‘sujudlah!’, tetapi ‘bacalah!’, yang menjadi perintah pertama peradaban ini dan dengan demikian bukan tunduk buta yang diharapkan peradaban ini tetapi kemajuan yang terjadi karena adanya pemahaman dan kesadaran terhadap kebenaran.

Itulah sebabnya pemberian perintah membaca tersebut juga menjadi suatu tanda bagi kehadiran suatu era baru dalam sejarah panjang perjalanan peradaban.

Pada Era Peradaban Baru tersebut, ke-‘jahiliyyah’-an dijungkir-balikkan menjadi cahaya. Masyarakat dunia dituntun pada kemajuan yang sempurna melalui pengutamaan akal untuk menemukan Tuhan-nya.

Sejak terjadinya peristiwa pemberian perintah di Gua Hira’ di permulaan abad ke-tujuh masehi, tidak ada lagi peradaban major yang lahir ke muka bumi.

Iqra’!, demikian perintah yang diberikan di Gua Hira’ pada suatu malam yang sunyi, perintah inilah yang menjadi penanda bagi kehadiran suatu peradaban yang kebangkitannya dirindukan -dan sering juga diacuhkan atau bahkan dikhawatirkan- terjadi di masa kini.

Telaah mendalam dari sedikit percikan risalah di atas dapat Anda baca selengkapnya di dalam buku yang cukup tebal dengan layout dominan putih ini.

Selain sebagai kader awal Hidayatullah yang telah bertugas merintis dakwah di berbagai tempat di nusantara dan juga tokoh pergerakan, latar belakang penulis sebagai akademisi kian menambah bobot materi dan penyajian buku ini sehingga layak menjadi kajian para pakar, para cendikiawan, dan para praktisi.

Dr Abdul Mannan Kembali Tulis Buku, Era Peradaban BaruSPESIFIKASI BUKU

Sampul: Hard
Halaman: viii+490
Cetakan: Pertama, Februari 2016
ISBN: 978-602-60677-0-8
Penerbit: PT. Mulia Mandiri Nusantara Raya
Harga: Rp. 150.000,-
Pemesanan: Akbar (0823 4981 7857)
——————–

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.