Naspi Arsyad Narasumber Talkshow Parenting di Mesir

Naspi Arsyad Narasumber Talkshow Parenting di Mesir2 Naspi Arsyad Narasumber Talkshow Parenting di MesirHidayatullah.or.id – Anggota Dewan Mudzakarah Hidayatullah Ustadz Naspi Arsyad Lc, menjadi narasumber dalam acara talkshow parenting yang diselenggarakan mahasiswa Indonesia berlangsung di Rumah Limass, Kota Kairo, Republik Arab Mesir, belum lama ini.

Acara talkshow parenting mengusung tajuk “Bahagianya Aku Memilikimu” ini dihadiri sedikitnya 100 peserta yang mayoritas mahasiswa-mahasiswi Indonesia di Universitas Al Azhar.

Dalam materi yang dibawakannya, pengasuh Ma’had Tahfidz Al Humaira Sukabumi-Jawa Barat, ini antara lain menyampaikan kehidupan rumah tangga memiliki dinamika yang sangat tinggi, bahkan cenderung misterius.

Setengah bercanda, Naspi membandingkan kehidupan rumah tangga dengan prakiraan suhu atau cuaca.

“Kalau hujan badai, masih bisa diprediksi dengan membaca indikator-indikator alam. Tapi badai hati pasangan rumah tangga, sulit untuk dipastikan,” tukas Naspi yang juga mantan Ketua Umum Pemuda Hidayatullah 2014-2016 ini.

Sambil berseloroh Naspi mengatakan bisa saja pasangan suami istri melalui pagi haru dengan kemesraan, terucap indah kata i love you so much. Lalu di sore hari mendung kemarahan tak dapat terelakkan.

“Akhirnya, malam hari disambut dengan, “but i hate you”,” imbuh Naspi berseloroh .

Naspi mengingatkan bahwa pasangan suami istri harus siap untuk menerima masukan dari pasangannya.

“Jangan karena merasa pendidikannya lebih tinggi, nasab keluarganya lebih terhormat, atau latar belakang ekonominya lebih mapan lalu memposisikan pasangannya sebagai pendengar dan tidak berhak memberikan pendapat, masukan apatah lagi melakukan mentoring,” ingat Naspi.

Dalam pemaparannya yang diiselingi dengan candaan yang mengundang tawa peserta, Naspi mengupas firman Allah Ta’ala dalam surat Al Hujurat ayat 13 bahwa langkah awal mengarungi bahtera rumah tangga adalah mengenal pasangan hidup barunya tersebut.

“Apa sukunya, bagaimana keluarga besarnya, tingkat pendidikannya agar dapat menapaki langkah besar selanjutnya yaitu saling memahami,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Auliya selaku ketua panitia menyampaikan bahwa acara ini secara khusus ditujukan bagi para mahasiswa yang merasa telah berada diambang kemampuan untuk menikah.

“Jangan mengandalkan semangat saja tapi tidak memahami hakikat kehidupan rumah tangga,” katanya. Dan di akhir sambutannya, tak lupa Auliya mengapresiasi para sponsor, peserta dan panitia serta pemateri yang telah datang dari Indonesia untuk berbagi ilmu di acara tersebut‎.

Di akhir penutupan acara, dilakukan penyerahkan hadiah bagi peserta yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dengan narasumber. Acara ini didukung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) serta produsen fashion muslim ‘Kaneez Hijab’. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.