Shohibul Anwar Berikan Bekal Mental di Pemkab Trenggalek

Shohibul Anwar Beri Pembekalan Mental-Spiritual di Pemkab TrenggalekHidayatullah.or.id – Bertempat di Aula Bappeda Litbang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek disajikan pemaparan materi pembekalan mental-spiritual oleh Ketua Departemen Dakwah DPP Hidayatullah, Drs Shohibul Anwar MHI, dengan judul materi “Spiritual Power For Work Happiness”.

Guna mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas, dan bermoral, beberapa waktu lalu Pemkab Trenggalek melakukan pembinaan mental dan spiritual terhadap seluruh ASN yang bertugas pada 22 OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek.

Pembinaan mental dan spiritual dilakukan sebanyak 13 kali/lokasi dan kali ini dimulai dengan pembinaan bagi ASN yang bekerja di Inspektorat dan Bappeda Litbang Kabupaten Trenggalek.

Diharapkan dengan adanya pembinaan seperti ini akan menambah pengetahuan dan mendorong etos kerja ASN dengan semangat dan disiplin. Sehingga akan mewujudkan aparatur sipil negara yang bekerja secara profesional memiliki integritas dan moralitas yang baik.

“Pelatihan ini mecoba untuk memberi solusi dimana selama ini hal-hal yang kontradiktif selama bekerja, berkecenderungan bahwa orang itu bekerja sepertinya hanya urusan dunia. Padahal sebenarnya tidak, bagaimana kita bisa memadukan hal-hal yang bersifat spiritual dengan hal-hal yang bersifat pekerjaan. Karena sebenarnya di dalam agama itu ada nilai-nilai spiritual yang sama menjadi nilai-nilai kerja,” ungka Shohibul Anwar.

Sementara terkait kegiatan pembinaan mental dan spiritual ASN, Shohibul Anwar juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini harus ada tindaklanjut guna memperoleh manfaat pasca diadakannya pembinaan.

“Tentu saja pelatihan ini harus ditindaklanjuti dengan pembentukan kultur di tempat kerja, di pelatihan ini kan membuka wawasan bahwa kerja itu dimensinya sangat luas, sehingga ini nanti akan memberi pengaruh dalam unjuk kerja nanti,” katanya.

“Orang yang bekerja mengabdi kepada Allah tentu nanti dia bekerja lebih baik, karena mereka berharap penilaian bukan hanya dari manusia tapi juga penilaian dari Allah. Kalau orang itu bekerja dengan persaudaraan, tentu hubungan dengan masyarakat, dengan tempat kerja dan sebagainya akan menjadi lebih baik,” imbuhnya memungkasi.(hwi/hum)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.